Habis beli gorengan tiba-tiba sakit perut, padahal tidak pakai sambal atau cabe, tapi kok perut sakit ya rasanya. Apakah kalian pernah merasakan seperti itu? Nah, bisa jadi karena makanan yang kalian beli tidak bersih (kotor) atau mungkin kamu lupa mencuci tangan sebelum makan. Gejala seperti itu biasanya kalian terkena diare, makanya diusahakan sebelum makan harus mencuci tangan dahulu.

 

cucilah tangan sebelum makan

Cucilah tangan sebelum makan | source: xmglab.com/lifebuoy

Jujur, aku sering lupa mencuci tangan itu ketika, habis bermain layang-layang, main kelereng, main mobil-mobilan, main PS, main hp, menggunakan lem, bermain slime, dan bermain squishy. Selain diare apakah ada lagi penyakitnya?

Akibat tidak mencuci tangan pakai sabun

Nah, teman-teman. Masalah yang paling sering terjadi akibat tidak mencuci tangan pakai sabun, adalah:

  1. Sakit flu atau pilek, ini bisa terjadi karena kalian memegang benda/barang orang yang sudah menderita penyakit flu atau pilek, biasanya sih dari handle pintu.
  2. Infeksi Tenggorokan, ini bisa terjadi kerena ketika kalian makan, kotoran yang ada di tangan kalian juga termakan dan menempel di tenggorokan.
  3. Infeksi Shigellosis, ini bisa terjadi karena kotoran pada tangan itu mengandung bakteri shigela, yang menyebabkan infeksi saluran pencernaan.
  4. Bakteri Salmonella, ini bisa terjadi karena kalian makan makanan yang tidak dicuci, biasanya hanya di lap menggunakan tisu. Akibatnya bakteri yang tidak terlihat itu menyebabkan kalian keracunan makanan.

Pokoknya, selain mencuci tangan menggunakan sabun, kalian juga harus menggunakan air yang mengalir, seperti air keran. Air yang berada di kobokan hanya membasahi tangan tidak mencucinya, kemungkinan kotoran itu kembali lagi ke tangan kita walau sepintas sudah bersih.

Sekian dulu sharing dari aku, kira-kira tulisan apa lagi yang harus aku tulis untuk kalian? tulis jawaban di kolom komentar ya, terima kasih 🙂