Cara menghitung harga sebelum diskon. Apa kabar teman-teman, kali ini aku tidak membuat cerita tetapi hanya ingin berbagi tutorial untuk kalian semua. Ok, jadi begini. Pasti kalian sering sekali bermain ke mall, ada yang sambil kerja kelompok, ada juga yang sambil kuliner hehe.

Nah, pertanyaannya apakah kalian pernah mampir ke department store?  Matahari atau Centro? Karena aku tinggal di Bekasi, makanya aku mampirnya ke Centro department store Bekasi, atau mungkin ke toko mainan, hehe. Biasanya menjelang hari besar keagamaan itu sering ada sale (diskon). Contohnya seperti ini:

All item Diskon 30% Rp. 150.000,-

Harga yang ditampilkan pada label ada yang sudah diskon ada juga harga yang sebelum diskon. Bagaimana cara mengetahui harga barang sebelum diskon untuk barang yang memiliki label harga setelah diskon, apakah kalian tahu?

Contoh soal diskon beserta jawabannya

Contoh soal diskon:

Anna pergi ke Mall bersama teman-temannya, tanpa sengaja melihat ada tas bagus dengan diskon 35%. Sebelum membayarnya, Anna memastikan dan bertanya ke petugasnya, “Mba, apakah ini harga setelah atau sebelum diskon?”

“Harga Rp. 450.000,- itu sesudah diskon, Adik.” jawab petugas.

Karena merasa kemahalan, akhirnya Anna mengurungkan niatnya. Namun di dalam hatinya Anna bertanya-tanya, “lalu berapa harga awal tas itu sampei-sampei harga setelah diskonnya saja masih mahal!”

Bagaimana cara menghitungnya?

Diketahui:

Harga setelah diskon Rp. 450.000,-

Diskon 35%

Ditanyakan

Berapa harga awal tas itu?

Jawaban: Sebelum menjawab, kalian harus mengerti dahulu logikanya

Nilai maksimal diskon adalah 100%, artinya jika diskon 100% maka barang itu gratis

Mencari selisih diskon: