Cara menjadi bendahara kelas yang baik. Kamu mau jadi bendahara ya? atau mungkin kamu hanya penasaran? Ok, intinya aku ucapakan terima kasih sudah mau membaca tutorial kali ini. Bendahara kelas adalah orang yang ditugaskan untuk mengelola keuangan kelas, dimana uangnya bersumber dari seluruh murid di kelas itu.

Jika kamu mau jadi bendahara kelas, setidaknya kamu harus bisa menghitung, hehe. ya iya lah masa tidak bisa, kan namanya juga bendahara. Kamu juga harus teliti dan sabar, karena semakin lama semakin banyak uang yang harus kamu catat pemasukan dan pengeluarannya. Cara menjadi bendahara kelas yang baik.

1# Jangan jadi anak yang sombong di kelas

Ya ialah, jika kalian jadi anak sombong, mana mungkin dipilih jadi bendahara kelas, jangankan bendahara berteman pun mungkin malas. Kamu harus jadi anak yang periang, selalu bersemangat, dan disenangi murid-murid.

2# Berhubungan baik dengan guru dan walikelas.

Jika kamu memiliki hubungan baik dengan guru dan wali kelas, biasanya wali kelas suka memberikan rekomendasi agar kamu menduduki jabatan di kelas. Tidak hanya bendahara, bisa saja kamu menjadi sekretaris, Ketua Kelas (KM), dll

3# Gunakan pembukuan yang baik menggunakan google drive

Kenapa harus menggunakan pembukuan kas kelas menggunakan google drive? Ini sebetulnya tidak wajib. Keuntungan yang bisa kamu dapat adalah, bisa mengakses buku kas kamu menggunakan gadget apa saja, dimana saja, dan kapan saja.

Pada aplikasi google drive, kamu bisa menggunakan google sheets (pokoknya penggunaanya sama seperti Microsoft Excel pada komputermu)

4# Simpan uang kas kelas ditempat yang aman

Teliti dalam mencatat pengeluaran, kemudian simpan uang kas kelas di tempat yang aman. Jangan teledor atau bahkan sembarangan menyimpannya. Jika kamu meniliki tabungan, simpan saja uang kas kelas Anjungan Tunai Mandiri (ATM).

5# Terbuka kepada semua orang

Laporkan semua pengeluaran kepada Guru dan Walikelas, jika ada waktu sesekali kamu laporkan juga kepada teman-teman berapa pemasukan dan berapa pengeluaran uang kas kelas. Kamu tidak harus bisa berbicara di depan kelas agar tidak jadi fitnah, kamu cukup broadcast link google drive kepada orang-orang sebagai laporan.

5# Siapkan mental dan berdoalah

Kenapa harus menyiapkan mental, karena dengan menjadi bendahara kamu akan diuji dengan banyak hal, apa saja? ya aku juga tidak tahu hehehe…. Intinya berdoa semoga jabatan kamu amanah, walau hanya bedahara di kelas. Ini akan menjadi pelajaran berharga untuk kamu, karena dengan menjadi bagian organisasi walau setingkat kelas. Bisa memupuk kamu menjadi orang yang sukses di kemudian hari. Aamiin