Cara Menjadi Guru Yang Baik Dan Profesional Terbaru
Cara Menjadi Guru Yang Baik Dan Profesional Terbaru
in

Cara Menjadi Guru Yang Baik Dan Profesional Terbaru

Cara Menjadi Guru Yang Baik Dan Profesional. Dari mulai kecil, sampai kita sekarang sudah besar dan sekolah lagi dengan suasana yang berbeda, pastinya banyak tahu berbagai macam karakter seorang guru. Ada yang kita sukai, namun juga pasti ada yang tidak kita sukai, tentunya ini tergantung sih. Tergantung dari karakteristik guru tersebut, entah dari penampilannya, ataupun cara mengajarnya.

Terkadang kita jadi salah mengartikan atau salah memandang arah kepada masing-masing guru, akhirnya kita-pun jadi membencinya. Padahal semua guru pada dasarnya baik dan maksudnya pun ingin membimbing setiap anak didiknya disekolah.

Lalu, jika berbicara tentang seorang guru. Seperti apa sih karakteristik guru itu? “Nah! Kira-kira seperti apa nih teman-teman?….. yuk mari kita bahas bersama uraian detailnya dibawah ini!


Guru yang memahami watak siswa-siswinya

Terkadang memang ada saja guru yang tiba-tiba marah dengan nada yang tinggi, kebanyakan terjadi karena muridnya berulah maupun ada hal yang lain-lain. Dan karena hal ini biasanya guru tidak mempertimbangkan terlebih dahulu, tiba-tiba langsung mengusir murid tersebut untuk keluar dari sekolahnya.

Baca juga: Apa Bedanya Guru Tegas Dan Guru Galak?

Apabila memang ada murid yang berulah seperti ini, hendaknya diberikan ketegasan yang membuat dirinya takut. Misalnya saja “g papa misal tidak mau ikut pelajaran saya, bisa keluar, akan tetapi saya akan langsung memanggil orang tua untuk datang kesini. Atau diberikan penekanan lembut yang bisa menyadarkan dirinya untuk tidak berulah lagi.

Intinya guru memang harus tahu betul seperti apa watak muridnya dikelas.

Guru yang suka memotivasi kepada anak didiknya

Setiap anak didik disekolah tentunya mengalami perubahan masing-masing, baik dari perubahan psikologisnya, fisik ataupun keadaan. Maka dari itu mereka harus sering memberikan motivasi kepada anak didiknya untuk terus semangat belajar.

Ajak Ibu Guru Yola Untuk Mengajarkan Hehehe

Guru yang bisa menjadi teman curhat bagi anak didiknya

Terkadang ada dari sebagian guru yang mungkin kurang welcome kepada anak didiknya ketika mereka curhat tentang materi/pelajaran disekolah, jawabnya santai-santai saja namun tidak seperti memberikan solusi terbaik. Hanya yang penting disuruh belajar saja, atau bahkan mungkin disambut dengan wajah yang cemberut dan tidak enak dipandang mata.

Akhirnya kita para pelajar-pun tidak bisa meminta solusi untuk memecahkan hal yang belum kita mengerti. “Adakah guru yang demikian? Antara ada dan tiada juga sih? Namun yang pasti mereka yang baik adalah mereka yang selalu rela menyisihkan waktu bagi anak didiknya. Baik didalam sekolah atau-pun luar sekolah. Dan mereka yang baik tentu akan mau membimbing sampai siswa-siswinya bisa.

Puisi Perjuangan Raden Ajeng Kartini

Guru digugu dan ditiru

Perilaku guru baik tentunya akan menjadi panutan bagi anak didiknya. Dan sebagai pelajar yang baik kita-pun harus patuh kepada guru kita, jika memang dia tegas demi kebaikan kita. Maka tetap ikutilah selama guru tersebut berada pada jalur yang benar.

Sebenarnya masih banyak sih kriteria guru baik, hanya saja kurang lebih seperti itulah yang bisa penuliscilik uraikan, dan semoga bermanfaat ya teman-teman.

Oia teman-teman apa sih syarat cara menjadi seorang guru yang baik juga bagaimana menjadi guru baik dalam proses interaksi belajar mengajar? apakah kalian memiliki kriteria lain?

Cara Menjadi Guru Yang Baik Dan Profesional

Ayo Vote! Biar makin trending.

100 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Ditulis oleh Ibu Muda

Semoga tulisan kami selalu bermanfaat dan terus menginspirasi semua orang…

Yuk tulis komentar kamu

Alamat email kamu tidak akan dipublikasikan. Yang memiliki tanda (*) harus diisi

Gara-gara Server Offline Ujian Nasional Hampir Gagal

Gara-gara Server Offline Ujian Nasional Hampir Gagal

Pengertian Bulan Suci Ramadhan Dan Keutamaannya

Pengertian Bulan Suci Ramadhan Dan Keutamaannya