Pengertian bulan suci Ramahdan adalah bulan dimana semua umat islam diwajibkan untuk berpuasa, karena puasa merupakan salah satu Rukun Islam (Syahadat, Shalat, Zakat, Puasa, dan Berhaji), jadi jika ada orang islam yang tidak berpuasa, maka wajib dipertanyakan status keislamannya.

Puasa adalah ibadah kepada Allah ta’ala dengan menahan diri dari makan minum dan segala sesuatu yang membatalkannya sejak terbit fajar sampai terbenam matahari ibadah puasa mensucikan dan membersihkan jiwa dari segala perbuatan dan perkataan yang tercela tubuh kita juga menjadi sehat.

Apakah semua umat islam wajib berpuasa di bulan Suci Ramadhan?

Jawabannya adalah tidak, karena berpuasa diwajibkan untuk mereka yang: beragama Islam,  telah mencapai umur dewasa (Baligh), sehat fisik dan akal (tidak dalam keadaan sakit), tidak dalam perjalanan (keadaan musafir), wanita yang tidak haid/nifas. Nah buat kamu yang termasuk pada kategori tersebut, maka wajib berpuasa.

Apa hukuman bagi orang yang tidak berpuasa di bulan Ramadhan?

  • Jika kamu termasuk dalam kategori di atas dan sengaja tidak melaksanakan puasa, maka kamu termasuk orang yang berdosa.
  • Jika kamu masih di bawah umur sebetulnya puasanya tidak wajib, tetapi harus dicoba sampai selesai (waktu magrib) sebagai latihan kamu berpuasa
  • Jika kamu dalam keadaan sakit dan tidak kuat untuk berpuasa, maka diperbolehkan untuk berbuka, tetapi dengan catatan kamu harus menggantinya setelah bulan suci Ramahdan selesai, biasanya pada bulan sawal. Jika tidak bisa membayar dengan berpuasa, kamu bisa membayar dengan fidyah.

Apa keutamaan bulan suci Ramadhan

  1. Pada bulan suci Ramadhan Al-Quran diturunkan ke bumi, sebagai petunjuk umat manusia.
  2. Pada bulan suci Ramadhan pintu Surga dibuka sedangkan pintu Neraka ditutup.
  3. Pada bulan suci Ramadhan dibukakan pintu taubat yang selebar-lebarnya bagi orang yang memohon maaf dengan ikhlas kepada Allah SWT.
  4. Pada bulan suci Ramadhan dilipat gandakan semua pahala yang kita dapat
  5. Pada bulan suci Ramadhan juga terdapat malam Lailatul Qadr, dimana jika kita beribadah pada malam tersebut pahala yang didapat setara dengan beribadah seribu bulan.
  6. dll.

Nah teman-teman, sekian dahulu pengertian bulan suci Ramadhan dan keutamaannya. Di bawah ini ada animasi tentang puasa di bulan suci Ramadhan karya dari Nuha Hanifah, yuk tonton