Rahasia Cara Belajar Orang Jepang Terbaru
Rahasia Cara Belajar Orang Jepang Terbaru
in

Rahasia Cara Belajar Orang Jepang Terbaru

Rahasia cara belajar orang Jepang terbaru. Pada artikel kali ini kita akan membahas tentang keseharian siswa siswi di sekolah negara Jepang. Sebelum aku mau memberi tahu bahwa di Jepang tidak ada sekolah favorit, semua sekolah sama, memiliki fasilitas dan aturan yang hampir sama. Lalu apa yang membedakan dengan di Indonesia?

Berikut ini beberapa rahasia cara belajar orang Jepang atau kunci sukses orang jepang yang harus kemu ketahui, diantaranya

Dilarang Menggunakan Kaos Kaki Di Bawah Lutut

Ukuran kaos kaki anak sekolah (perempuan) harus tinggi, kalau bisa sampai di lutut. Jika kamu penggemar film drama Jepang, pasti pernah melihat siswa Jepang yang memakai kaos kaki hampir selutut. Bagi pihak sekolah memakai kaos kaki setinggi lutut lebih terlihat menarik dan rapih ketimbang kaos kaki pendek.

Baca juga: Bunga sakura di Jepang

Dilarang Menggunakan HP di Sekolah

Metode belajar siswa Jepang ini sama dengan di Indonesia, ponsel tidak diperbolehkan untuk digunakan di lingkungan sekolah. Seluruh pelajar hanya diperbolehkan menggunakan ponsel mereka sebelum masuk dan setelah pulang sekolah, itu pun mereka harus menggunakannya di depan gerbang sekolah. Jika ketahuan menggunakan ponsel di lingkungan sekolah mereka akan menerima hukuman. Aturan ini hampir sama dengan beberapa sekolah di Indonesia, dimana para siswa tidak menggunakan ponsel di Sekolah.

Apakah sekolah kamu memperbolehkannya?

Dilarang Berpacaran Ketika Masih Sekolah

Aturan ini berlaku untuk semua sekolah di Jepang, karena pacaran dianggap dapat mengganggu konsentrasi belajar para murid. Hal lain yang bersifat romantis juga dilarang untuk pejar. Oleh karena itu, para pelajar lebih banyak menghabiskan waktunya untuk belajar, bermain pun mereka lebih banyak menghabiskan waktu dengan teman sesama jenisnya, sebagian lagi menghabiskan waktu di sekolah pada waktu istirahat untuk membaca dan belajar hal-hal baru. Hebat ya kunci sukses orang jepang, tidak salah jika mereka pintar dan fokus belajar. 

Dilarang Berdandan di Sekolah

Dilarang menggunakan make up, aturan seperti ini memang tidak semua sekolah di Jepang memberlakukannya, akan tetapi hampir semuanya punya peraturan seperti ini. Aturan ini berarti semua siswa tidak boleh pakai make-up, atau segala jenis kosmetik untuk mempercantik diri mereka. Oia menggunakan cat kuku (kutek) saja dilarang di sekolah. Untuk siswa laki-laki juga sama, dilarang menggunakan minyak rambut.

Baca juga: 4 tipe murid disukai guru

Harus Makan Di Dalam Kelas

Semua sekolah di Jepang mewajibkan siswa-siswi makan di ruangan kelas. Jika di Indonesia, ketika bel istirahat berbunyi semua anak-anak berbondong-bondong ke kantin untuk makan siang di sana, berbeda halnya di Jepang para siswa siswi membawa bekal dan makan rame-rame . Oia menyisakan makanan adalah hal yang dianggap kurang sopan, jadi satu sama laing saling berbagi dan bertukar bekal makanan. Kedua orang tua mereka juga sangat memper hatikan bekal, karena nutrisi juga sangat penting untuk meningkatkan kerja otak dan semangat belajar.

Dilarang Menggunakan Sweater

Dilarang memakai sweater datang dan pulang sekolah, mungkin jika di Indonesia memakai sweater atau jaket ketika berangkat sekolah menjadi hal yang biasa, tapi siswa siswi Jepang dilarang memakai sweater dan jaket saat berangkat dan pulang sekolah, karena dianggap merusak penampilan.

Baca juga: Penyebab dan dampak bullying

Harus Datang Tepat Waktu

Ketepatan waktu sangat ketat di sana. Bahkan mereka yang telat selama tiga kali berturut-turut akan dikenakan sanksi untuk membersihkan kelas selama seminggu setelah pulang sekolah. Ini adalah cara sekolah untuk meningkatkan kedisiplinan. Mereka menerapkan budaya malu dan menerima sanksi atas kesalahan yang diperbuat. Kunci sukses orang jepang ini cukup terkenal, jadi tidak heran jika orang jelang jalannya cepat.

Nah, sekian artikel tentang rahasia cara belajar orang Jepang. Semoga bisa memberikan semangat baru untuk kamu, sehingga bisa belajar dengan sungguh-sunguh dan bisa kuliah di jepang. Aamiin.

Ayo Vote! Biar makin trending.

100 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Ditulis oleh Dimas A

Cita-citaku ingin menjadi seorang Dokter yang bisa merawat dan mengobati orang yang tidak mampu, menulis hanya hobi sesaat untukku… :)

4 Comments

Balas komentar
  1. Oia. Di anime BanG Dream, mereka makan di luar kelas walaupun mwmbawa bekal. Serta beberapa anime romantis, mereka berpacaran di sekolahnya. Dan pada Anime K ON, mereka membawa HP ke ruang klubnya. Apa informasi dan artikel ini benar??

Yuk tulis komentar kamu

Alamat email kamu tidak akan dipublikasikan. Yang memiliki tanda (*) harus diisi

Mangaku Matanya Mesar!

Mangaku Matanya Besar!

Kata-kata Baku Terbaru