Belajar itu terkadang menjenuhkan bagi yang mungkin sudah merasa mampu menjawab soal-soal ujian di sekolah, dan terkadang juga bisa jadi menjenuhkan banget bagi yang benar-benar g faham. Namun disisi lain, juga bisa membuat kita jadi ingin mengerti secara bertahap bagi yang memang benar-benar g faham. Yah, memang itulah ciri-khas yang biasanya sering kita lihat di beberapa kelas kita. Bermacam-macam typenya.

Akan tetapi tidak harus malas-malasan juga meski sudah mengerti, belajar sampai usia berapapun sebenarnya tidak ada batasnya bagi kita. Karena tentu masih banyak hal-hal yang belum kita ketahui.

Ada kalanya dari sebagian kita yang harus mengulang ujian sekolah atau yang biasa disebut remidial. Selain tidak bisanya menjawab soal dengan tepat, alasan tidak fokus juga menjadi kendalanya. “Tidak fokus belajarnya atau tidak fokus apanya nih guys?Yah…..intinya susah banget untuk bisa fokus.

“Hembb….. Coba kami bantu yah dengan beberapa tips fokus untuk belajar, agar hasil dari ujian sekolah bisa memuaskan.

Dalam belajar, orang ada 2 type. Ada yang suka dengan sunyi, namun ada juga yang lebih enjoy jika ada music. 2 hal ini yang akan kita kupas.

Belajar sebelum sholat subuh itu lebih masuk

Belajar sebelum sholat subuh itu lebih masuk

 

Fokus diwaktu yang sunyi

Untuk bisa belajar fokus seseorang ada yang membutuhkan keheningan. Paling tepat adalah dijam-jam tengah malam, atau menjelang pagi. Waktu yang efektif adalah dijam 2 pagi, dan dijam 4 pagi sehabis shubuh.

Diwaktu-waktu itu kita bisa lebih fokus untuk merangkum beberapa materi/pelajaran yang penting, bahkan bagi yang mungkin sedang ada tugas hafalan. Dijam-jam tersebut kita bisa lebih mencerna apapun yang masuk kedalam otak.

Alasannya, dijam tersebut jauh dari bising, sehingga fikiran kita mudah untuk menangkap sesuatu lebih cepat. Umumnya jam-jam tersebut dipakai oleh para writer/penulis buku yang sudah terkenal. Nah? Kalian bisa mencoba dijam tersebut.

Aku lebih senang belajar sambil mendengarkan musik

Aku lebih senang belajar sambil mendengarkan musik

Fokus dengan music

Terkadang ada juga seseorang yang tidak bisa fokus apabila tidak sambil mendengarkan music, karena menurutnya. Otaknya lebih enjoy jika dengan music.

Kalau untuk yang satu ini, usahakan belajar merangkum sejenak materi-materi dikemarin hari, atau yang sedang akan kalian bahas dijadwal pertama masuk kelas. Intinya pagi sesampainya disekolah langsung belajar sebentar sambil mendengarkan music.

Karena untuk orang yang seperti ini, typenya lebih suka waktu yang fresh, bisa rilex, bener-bener santai-lah bisa dibilang.

Terkadang kita juga mudah bosan dengan aturan-aturan jadwal yang kita buat sendiri dirumah, nah? Karena umumnya kita mudah bosan, ya begitulah tipsnya. Bisa pakai 2 metode diatas, lebih suka hening atau sambil rilex dengerin music, silahkan dicoba dua-duanya sobat.

Kurang lebih seperti itulah yang bisa kami kutip dari beberapa pengalaman orang. mungkin jarang yah ngelihat cara ini, don’t worry! Selama itu asik, ya diasikin aja terus. Tapi kalau menurut kalian kurng cocok, no problem. Jangan dipaksa, tapi sedikitnya perlu sih nyobain, biar faham dan tahu gimana rasanya, ya g?

Oke penuliscilik, semoga informasi kali ini ada manfaatnya yah?