in

‎Ingin Tahu Cara Cek Tagihan BPJS yang Mudah dan Praktis? Begini Caranya

Cek tagihan bpjs kesehatan terbaru
Cek tagihan bpjs kesehatan terbaru

‎Ingin Tahu Cara Cek Tagihan BPJS yang Mudah dan Praktis? Begini Caranya! Siapa yang tidak tahu dengan BPJS Kesehatan? BPJS Kesehatan merupakan program jaminan sosial yang dikeluarkan langsung oleh pemerintah sebagai bentuk layanan kesehatan bagi seluruh warga Indonesia. Meskipun terbilang baru, asuransi ini cukup banyak menarik minat masyarakat karena biaya preminya relatif lebih murah daripada asuransi swasta.

Jika Anda sudah mendaftar dan menjadi peserta BPJS Kesehatan, Anda tentu berkewajiban untuk membayar sejumlah iuran rutin sesuai pilihan kelas yang Anda pilih setiap bulannya. Nah, sebelum membayar, Anda pastinya juga butuh cek tagihan BPJS Kesehatan agar mengetahui jumlah tagihan yang harus dibayar atau apakah terdapat denda karena telat membayar di bulan sebelumnya.

Cara Mengecek Tagihan BPJS Melalui Website Resmi BPJS Kesehatan

Cek tagihan bpjs kesehatan
Cek tagihan bpjs kesehatan – Kesehatanblog,radhioflyer,web,id

Pengecekan tagihan BPJS Kesehatan bisa Anda lakukan melalui website resmi BPJS Kesehatan. Berikut adalah langkah-langkahnya.

  1. Buka halaman web BPJS Kesehatan
  2. Pilih menu “Cek Iuran”
  3. Selanjutnya, masukkan 13 digit nomor kartu BPJS yang ingin dicek serta tanggal lahir Anda pada kolom yang telah disediakan
  4. Jika data yang diisikan sudah benar, salin kode validasi yang tertera pada gambar dan klik tombol “Cek”
  5. Selanjutnya, sistem akan menampilkan tabel yang berisi nama peserta, nomor peserta, jumlah tagihan, denda, hingga tanggal pembayaran terakhir

Baca juga: Cerita tentang kesehatan tubuh manusia

Cukup mudah, bukan? Sayangnya, cara ini masih memiliki kekurangan. Setelah Anda mengetahui jumlah tagihan, Anda tidak bisa langsung membayarnya melalui website BPJS Kesehatan, melainkan harus melalui ATM bank atau ritel yang sudah bekerja sama. Karenanya, akan lebih praktis dan mudah jika Anda mengecek sekaligus membayar tagihan langsung melalui situs online yang menyediakan layanan pengecekan dan pembayaran tagihan BPJS Kesehatan.

Cara Mengecek dan Membayar Tagihan BPJS Kesehatan Melalui Situs Online

Cek tagihan bpjs kesehatan terbaru
Cek tagihan bpjs kesehatan – bpjs-kesehatan.go.id

Salah satu situs dan aplikasi penyedia jasa pembayaran tagihan BPJS Kesehatan yang praktis dan menawarkan biaya administrasi terjangkau adalah Traveloka. Meskipun awalnya berfokus pada produk travel seperti pemesanan tiket hotel dan pesawat, perusahaan ini kini juga menawarkan layanan baru yang semakin memudahkan masyarakat dalam bertransaksi online. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah cara cek tagihan BPJS di Traveloka.

  1. Buka website atau aplikasi Traveloka yang ada di ponsel Anda. Khusus untuk aplikasi ponsel, pastikan Anda sudah mengunduh aplikasi terbaru versi 2.19 jika ingin menggunakan layanan ini.
  2. Pastikan Anda sudah memiliki akun yang terdaftar dan masuk ke akun tersebut. Jika belum, lakukan pendaftaran dengan mengikuti step-step pendaftaran yang ditampilkan.
  3. Jika sudah masuk kemudian pilih menu “Bill payment” atau “Bayar Tagihan”. Selanjutnya, klik “BPJS Kesehatan”. Menu ini tersedia di bagian kanan atas untuk versi desktop dan di bawah info poin dan saldo pada aplikasi.
  4. Kemudian masukkan nomor virtual account BPJS Anda serta jumlah bulan yang ingin dicek. Jika nomor VA sudah benar dan tagihan di bulan yang Anda masukkan tersedia, nantinya notifikasi pop up akan muncul untuk menginformasikan total tagihan Anda.

Baca juga: Jam makan untuk menambah konsentrasi

Nah, setelah Anda tahu jumlah tagihan yang harus dibayarkan, Anda juga bisa langsung membayar tagihan BPJS Kesehatan Anda. Proses pembayarannya pun sangat mudah. Berikut adalah langkah-langkahnya.

  1. Setelah mengisi nomor virtual account BPJS Kesehatan dan jumlah bulan yang ingin dibayarkan, klik tombol “Buy Now” atau “Beli Sekarang”. Adapun biaya adminnya adalah sebesar Rp1.500 untuk satu kali transaksi.
  2. Setelah mengklik tombol pembayaran, sistem akan memproses permintaan Anda dan memunculkan notifikasi pop up apabila rincian nomor virtual account Anda sudah benar. Periksa detail informasi yang ditampilkan. Jika sudah, klik “Continue” atau “Lanjutkan”.
  3. Selanjutnya, pilih metode pembayaran yang Anda inginkan. Beberapa metode pembayaran yang tersedia antara lain melalui kartu kredit, transfer, ATM, BCA KlikPay, CIMB Clicks, Mandiri Debit, Indomaret, serat Alfamart. Jika sudah memilih metode pembayaran, segera lakukan pembayaran sebelum batas waktu yang diberikan.
  4. Setelah pembayaran selesai diproses, Anda akan mendapatkan notifikasi bahwa pembayaran telah berhasil. Perlu Anda ketahui juga, pembayaran tidak tersedia antara jam 23.00 – 00.59.

Praktis, mudah, dan murah. Dengan fitur ini, sekarang Anda tidak perlu repot ke kantor BPJS atau ke ATM karena Anda bisa mengecek dan membayar tagihan BPJS Kesehatan langsung dari genggaman. Semoga bermanfaat!

Satu Komentar.

Balas komentar

Yuk tulis komentar kamu