in

KagetKaget KerenKeren TakutTakut NgakakNgakak SedihSedih

10 Contoh Peristiwa Menyublim

10 Contoh Peristiwa Menyublim
10 Contoh Peristiwa Menyublim

10 Contoh Peristiwa Menyublim. Menyublim adalah proses perubahan dari zat padat langsung menjadi zat gas, tanpa melewati fase cair terlebih dahulu. Hal ini terjadi ketika tekanan udara di sekitar zat padat cukup rendah, dan suhunya cukup tinggi sehingga membuat partikel-partikel zat padat bergerak dengan cepat dan terlepas dari permukaannya.

Proses ini terjadi pada beberapa zat tertentu, seperti es kering, naftalein, amonium klorida, dan garam dapur pada kondisi yang sangat ekstrem. Sublimasi sering digunakan dalam industri kimia dan farmasi untuk memisahkan bahan kimia atau menghasilkan senyawa murni.

10 Contoh Peristiwa Menyublim

Berikut ini adalah 10 contoh peristiwa menyublim:

Es batu menguap:

Ketika es batu dibiarkan di suhu ruang, ia tidak akan meleleh menjadi air, tetapi akan langsung menguap menjadi uap air. Proses ini disebut sublimasi.

Kembang sepatu menguap:

Kembang sepatu atau kapur barus adalah suatu senyawa kimia yang mudah menguap pada suhu ruangan. Ketika kembang sepatu dibiarkan di udara terbuka, ia akan berangsur-angsur hilang karena menguap secara perlahan-lahan.

Serbuk keringat menghilang:

Serbuk keringat pada baju atau kulit dapat menghilang secara tiba-tiba. Hal ini terjadi ketika serbuk keringat tersebut mengalami sublimasi, yaitu berubah langsung dari fase padat menjadi fase gas.

Es kering menghilang:

Es kering adalah CO2 beku yang umum digunakan dalam berbagai industri. Ketika es kering dibiarkan di suhu ruangan, ia akan mengalami sublimasi, yaitu berubah langsung dari fase padat menjadi fase gas, tanpa melalui fase cair.

Naftalein menguap:

Naftalein adalah senyawa kimia yang digunakan dalam produksi lilin. Ketika lilin yang mengandung naftalein dibiarkan terbuka dalam waktu yang lama, naftalein tersebut akan menguap dan hilang.

Garam dapur menguap:

Garam dapur dapat mengalami sublimasi pada kondisi yang ekstrem, seperti pada saat di bawah tekanan rendah dan suhu yang sangat rendah. Hal ini dapat terjadi di lingkungan yang sangat kering, seperti padang pasir atau gurun salju.

Bahan pengawet makanan menguap:

Beberapa bahan pengawet makanan, seperti asam benzoat, asam sorbat, dan asam propionat, dapat mengalami sublimasi pada suhu tertentu. Hal ini dapat terjadi ketika bahan pengawet tersebut terkena udara terbuka dalam waktu yang lama.

Ammonium klorida menguap:

Ammonium klorida adalah senyawa kimia yang digunakan dalam industri kertas dan tekstil. Ketika ammonium klorida dibiarkan dalam kondisi yang sangat kering, ia dapat mengalami sublimasi dan berubah langsung dari fase padat menjadi fase gas.

Kebocoran gas pendingin di lemari es:

Ketika gas pendingin di lemari es bocor, gas tersebut dapat mengalami sublimasi dan berubah langsung dari fase cair menjadi fase gas. Hal ini dapat menyebabkan kerusakan pada komponen lemari es.

Salju menghilang:

Ketika suhu di sekitar salju cukup tinggi, salju dapat mengalami sublimasi dan berubah langsung dari fase padat menjadi fase gas, tanpa meleleh menjadi air terlebih dahulu. Hal ini dapat terjadi pada musim dingin yang lembap.

Baca:
Apa yang dimaksud dengan perubahan wujud benda dan contohnya?
Perbedaan perubahan fisika dan perubahan kimia suatu zat (Tabel 3.12)
Jelaskan perbedaan peristiwa membeku dan menguap

Itu lah 10 Contoh Peristiwa Menyublim. Bagikan jika ini bermanfaat dan tetap selalu giat belajar.

Yuk tulis komentar kamu