in ,

KerenKeren

Soal: Jelaskan 3 Akibat Pelanggaran Terhadap Norma Bagi Masyarakat

Soal: Jelaskan 3 Akibat Pelanggaran Terhadap Norma Bagi Masyarakat
Soal: Jelaskan 3 Akibat Pelanggaran Terhadap Norma Bagi Masyarakat

Soal: Jelaskan 3 akibat pelanggaran terhadap norma bagi masyarakat. Norma dalam sebuah hubungan bertetangga atau di lingkungan masyarakat itu sangat penting untuk ditaati.

Dengan menaati suatu norma kita tidak akan menjadi orang yang terasing di masyarakat, maka dari itu sebagai pelajar yang baik harus menjadi contoh yang baik juga.

Ada 4 macam norma menurut bidangnya yang harus kamu tahu untuk membuat kita hidup dengan nyaman dan tenteram.

Soal: Jelaskan 3 Akibat Pelanggaran Terhadap Norma Bagi Masyarakat

Norma atau aturan yang berlaku di masyarakat itu sifatnya mengikat, walau tidak semua aturan itu tertulis, seperti pada norma hukum.

Baca juga: Mengapa norma diperlukan di Masyarakat

Berikut ini adalah 3 contoh akibat Pelanggaran Norma Bagi Masyarakat, diantaranya:

Pengucilan di Masyarakat

Masyarakat akan mengucilkan pelanggaran norma yang berlaku di sana, walau tidak semua berujung pada penegakan hukum, seperti melaporkannya ke polisi untuk dihukum, tetapi umunya, secara psikis, mereka akan mengucilkan dengan tidak menganggap pelanggar norma itu tidak ada, atau bahasa kasarnya tidak diakui sebagai warga.

Mendapatkan hinaan atau celaan

Walau tidak semua pelanggaran berujung pada celaan atau hinaan, namun umumnya masyarakat yang tidak terima dapat melakukan itu. Misalnya saja ketika pelanggar norma sedang berjalan, maka akan selalu saja ada orang yang mencibir, bahkan sampai mengeluarkan kata-kata kotor.

Hukuman fisik atau denda

Jika masyarakat sudah sangat kecewa atau pelanggaran itu sudah melewati batas, umunya selalu ada tindakan main hakim sendiri atau pemukukan fisik, atau jika sempat dimusyawarahkan umunya diberikan sanki berupa denda.

Tidak semua tindakan pelanggaran norma diperlakukan seperti pada akibat di atas, tetapi banyak juga masyarakat yang sudah sadar hukum, lebih memilih untuk melaporkan kepada pihak yang berwajib, biasanya setelah dilakukannya musyawarah untuk mencapai mufakat.

Baca juga: Tata cara musyawarah

Terima kasih sudah membaca Soal: Jelaskan 3 Akibat Pelanggaran Terhadap Norma Bagi Masyarakat, semoga bermanfaat. Mohon maaf atas kekurangannya.

Yuk tulis komentar kamu