in

3 Cara Mengatasi Kehilangan Ide Pada Saat Menulis Cerita

3 Cara Mengatasi Kehilangan Ide Pada Saat Menulis Cerita
3 Cara Mengatasi Kehilangan Ide Pada Saat Menulis Cerita

3 Cara Mengatasi Kehilangan Ide Pada Saat Menulis Cerita. Video kali ini adalah jawaban untuk teman-teman yang sering bertanya melalui pesan facebook atau melalui contact yang ada pada website penuliscilik.com, berikut ini beberapa pertanyaan yang pernah diajukan, diantaranya:

  1. Aku selalu kehilangan ide pada saat menulis cerita, ada tipsnya gak Kak?
  2. Aku malas menulis cerita karena aku selalu kehilangan ide, ada tipsnya gak Kak?
  3. Awal menulis memang mudah, tetapi aku selalu bingung ditengah-tengah cerita, ada tipsnya gak Kak?
  4. dll

Kali ini Kakak ingin memberitakan jawaban dalam bentuk video sekaligus tips untuk teman-teman yang lain, semoga dapat membantu kalian menjawab jawaban dari pertanyaan yang diajukan itu, simak baik-baik ya…

3 cara mengatasi kehilangan ide

  • Membaca ulang beberapa paragraf yang telah kalian buat sebelumnya. Membacanya dengan nada yang cukup keras, jadi kalian bisa mendengarkan suara yang kalian baca sendiri, sehingga kalian bisa memperbaiki tanda baca yang kalian gunakan. Biasanya setelah membaca seperti itu, selalu ada ide tambahan yang timbul untuk mengembangkan cerita.
  • Mengamati barang-barang yang ada di sekitar kalian, untuk dimasukkan sebagai ide tambahan pada cerita kalian. Misalkan kalian melihat pensil, cara memasukannya adalah:

tiba-tiba Dia mengambil pensil warna dan mulai lah mengambar pada buku catatanya” atau

pensil yang sudah usang itu terus Dia raut dan berungkali hasil rautannya itu patah, membuatnya tambah kesal dan menambah panik pikirannya“.

  • Benhenti sejenak dengan mencari kesibukan lain, misalnya berbain game, nonton tv, dan bermain dengan teman-teman, membaca buku bacaan sekolah (buku bahasa Indonesia yang banyak buku ceriatanya), dll. Kalian bisa mulai menulis jika kalian sudah merasa segar pikirannya (fresh), sehingga idenya bisa muncul kembali. Kalian juga bisa meminta masukan kepada Orang tua atau Guru di sekolah, biasanya cara ini paling ampuh hehe.

Cerita yang baik itu harus berisi infomasi yang bermanfaat bagi pembaca, jadi jangan lupa bejalar, karena pengetahuan itu sangat penting untuk mengembangkan cerita. Demikian tips sederhana dari Kakak, semoga dapat membantu kalian menyelesaikan cerita dengan baik dan benar.

——–
Sumber Gambar: classroomclipart.com | 3 Cara Mengatasi Kehilangan Ide

Yuk tulis komentar kamu