in

3 Contoh paragraf analogi

Contoh paragraf analogi
Contoh paragraf analogi

Sebutkan contoh paragraf analogi? apa sih itu? Nah sobat, sebagaimana kita tahu bahwa ada banyak jenis paragraf, misalnya argumentasi, narasi, deskripsi, dll.

Pada setiap paragraf, umumnya terdiri dari gagasan, pikiran, ide pokok, serta kalimat pendukung untuk membantu memperjelasnya.

Menurut wikipedia [1], Paragraphos dalam bahasa Yunani yang artinya “tulis di samping”, itu karena setiap penulisan suatu paragraf pada huruf awalnya selalu menjorok ke dalam.

Contoh paragraf analogi

Paragraf analogi adalah suatu alinea/ paragraf yang terdapat perumpamaan antara dua unsur yang sebanding, tujuannya agar pembaca lebih mudah memahami maksud penulis.

Contoh #1:

Pada modern sekarang ini, tidak ada alasan untuk kita terlihat bodoh, semua informasi dapat kita temuhan semudah membalikkan telapak tangan. Internet merupakan salah satu pendorong arus informasi ini, kita dapat dengan mudah mengakses sumber refensi dari mana saja yang ada di Dunia.

Contoh #2:

Internet memang membuat kita mudah mengakses semua hal, termasuk hal baik yang membuat kita bersemangat, ataupun hal buruk yang sering membuat kita iba atau bersedih. Arus informasi sudah seperti hujan deras yang menghujani kita dimana saja, maka dari itu bijak dalam memanfaatkannya.

Contoh #3:

Lulus dari sekolah memang menyenagkan, tetapi bagi kamu yang ingin melanjutkan pada jenjang selanjutnya tentunya menjadi momok tersendiri, ditambah jika kamu belum tahu minat kamu pada bindang apa. Memilih jurusan kuliah dapat dikatakan susah-susah gampang, seperti halnya kamu memilih pasangan hidup, perenungan, dan butuh perhitungan matang, sebab jika salah, bisa-bisa kamu berhenti kuliah.

Baca:
Contoh Format Laporan Percobaan
Contoh Laporan Percobaan Membuat Pelangi
Contoh Kalimat Persuasif dalam Iklan

Nah itulah beberaoa contohnya. Koreksi jika aku salah, terima kasih sudah membaca dan membagikannya. Kamu juga bisa menambahkan contoh paragraf analogi tentang persahabatan atau perbandingan lainnya pada kolom komentar ya!

Yuk tulis komentar kamu