in

5 penyebab hewan menjadi langka, sebutkan!

5 penyebab hewan menjadi langka, sebutkan!
5 penyebab hewan menjadi langka, sebutkan!

Sebutkan 5 penyebab hewan menjadi langka! Ini pelajaran kelas 7, materi Geografi, Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Ada banyak hal yang menyebabkan suatu kelompok hewan dikatakan langka atau menuju pada kepunahan, jika itu sampai terjadi maka generasi penerus bangsa kita dimasa mendatang hanya akan mengenang melalui gambar dan ceritanya saja.

Kelangkaan terjadi akibat berkurangnya populasi sehingga kita susah untuk menemukannya, bagaimana itu bisa terjadi dan apakah penyebabnya?

5 Penyebab hewan menjadi langka

Sobat penulis cilik, kepunahan spesies tertentu ditandai dengan matinya individu terakhir dari spesies tersebut. Berikut ini penyebab hewan menjadi langka, yaitu:

Kerusakan habitat

Kerusakan habitat atau tempat suatu makhluk hidup untuk tinggal dan berkembang biak, merupakan faktor penting penyebab kelangkaannya.

Akibatnya, sepesies itu tidak bisa mencari makan, hidup dengan nyaman, dan berkembang biak untuk memperbanyak keturunannya.

Contoh: Harimau Sumatra dan Badak Sumatra, terancam punah karena habitatnya diganggu, dimana hutan tempat mereka semua tinggal di rusak hanya untuk membuka perkebunan sawit.

Perburuan liar

Jika kita tadi berbicara tempat mereka tinggal, kali ini kita membahas manusia jahat yang suka memburu hewan di hutan, mereka tidak perduli dengan kelangkaan, karena yang mereka pikirkan adalah uang.

Para perburuan liar memburu binatang di hutan untuk mengambil diawetkan, atau bahkan yang lebih keji lagi diambil bulu, kulit, gading atau bahkan culanya, kemudian dijual dengan harga mahal.

Wabah Penyakit

Wabah penyakit yang menyerang hewan-hewan mengakibatkan banyak hewan mati, akibatnya tidak seimbangnya antara pejantan dan betinanya atau bahkan mengakibatkan kematian semua spesiesnya. Wabah bisa sangat berbahaya jika hewan tidak memiliki kekebalan terhadap penyakit itu.

Perubahan iklim

Perubahan iklim dapat terjadi akibat banyak hal, salah satunya pemanasan global. Akibat dari perubahan iklim ini lingkungan akan berubah atau tidak menentu, seperti: suhu, curah hujan, dan cuaca. Hewan yang tidak sehat dapat sakit dan mengakibatkan kematian.

Kelangkaan hewan

Nah sobat, dari 4 penyebab yang sudah aku sebutkan di atas menyebabkan kelangkaan hewan. Ketika hewan berkurang secara drastis jumlah populasinya tentunya kita akan sulit menemukannya.

Itulah 5 penyebab hewan menjadi langka yang bisa aku sebutkan. Koreksi jika ada kelsahan dan bagikan jika ini bermanfaat.

Yuk tulis komentar kamu