in

NgakakNgakak TakutTakut SedihSedih SenangSenang KagetKaget KerenKeren

6 Cara Membuat Cerita Bagi Pemula

7 Cara Membuat Cerita Bagi Pemula
7 Cara Membuat Cerita Bagi Pemula

6 cara membuat cerita bagi pemula, Cerita yang aku maksud adalah cerita-cerita yang dibuat berasal dari ide/gagasan dan imajinasi kalian, misalnya saja dari barang-barang atau apapun yang kalian lihat.

Maksud aku adalah untuk meningkatkan imajinasi atau ide-ide kalian, barang didekitar juga bisa dijadikan ide tambahan dalam menulis.

Nah, kali ini aku akan membagikan tips, bagaimana aku membuat cerita dan mengatasi kehilangan ide pada saat menulis cerita.

6 cara membuat cerita bagi pemula

Berikut ini adalah cara membuat cerita bagi pemula, sehingga dapat mempermudah dalam menulis dan terhindar dari writer’s block atau kebuntuan dalam menulis, diantaranya:

Carilah tempat yang sesuai dengan seleramu

Banyak sekali tempat  yang sebetulnya sangat bagus untuk mencari ide dalam menulis, misalnya: taman, mall, kamar, dll. Atau tempat yang paling extreme adalah atap rumah hehe, tapi jangan kalian menulis di sana nanti bisa jatuh 😀

Amatilah tempat disekitarmu

Jika sudah berada di tempat yang kamu suka itu, coba lihat apa saja barang, benda, manusia, dll. Pasti ada yang bisa membuat kamu berpikir tentang sesuatu yang unik, misalnya, pepohonan yang rindang, bunga-bunga yang indah, mobil-mobil yang keren, orang-orang yang sibuk, rumah-rumah yang beragam desainnya, jam dinding yang berdetak, dll. Pokoknya pikirkan dan amati se-detail mungkin itu semua.

Gambar lah objek yang menarik dan kamu ingat

Setelah kalian mengamati gambarlah benda-benda atau objek-objek itu, tujuannya agar kamu ingat detailnya, misalnya mobil memiliki 4 ban, pohon mempunyai daun, batang dan ranting, rumah memiliki jendela dan pintu, hewan memiliki kaki dan mata, dll. Susunlah gambar-bambar itu dimanapun yang kamu suka, bisa di depan meja belajar atau bisa juga kamu tempel di buku catatan.

Baca juga: cara membuat cerita sedih

Mulailah berkhayal dengan nyaman

Langkah 3 bisa kalian skip jika tidak mau, tetapi langkah ke 4 ini wajib kalian ikuti, yaitu berkhayal-lah, mulailah mengkhayal selama 3 atau 5 menit.

…bayangkan jika pohon itu mengeluarkan ribuan burung dari setiap ujung rantingnya kemudian seorang anak yang melihatnya menangis histeris…

…seorang anak yang tiba-tiba berjalan di atas air, jam dinding yang berubah menjadi monster…

Pokoknya dirimu harus masuk ke dalam dunia Shinkorou (Khayalan). Jangan malu-malu untuk mengkhayal, karena jika mengkhayal aja sudah malu-malu bagaimana mungkin bisa menjadi penulis!

Tuliskan apa yang kamu khayalkan

Kemudian rangkaikan semuanya itu menjadi sebuah cerita, tuliskan apa yang menurut kamu bagus, jangan pikirkan teknik penulisan, jangan pikirkan tanda baca, mulailah menulis apa yang kamu inginkan. Biasanya penulis pemula jika awal menulis sudah memikirkan tanda baca dan teknis penulisan, mereka akan dengan mudah menyerah, malas, jenuh, capek, dll

Baca juga: Cerita si Kancil

Buat judul cerita yang menarik

Aku lebih suka menulis dahulu kemudian menentukan judul, karena walau aku tentukan judulnya terlebih dahulu, nantinya suka aku rubah-rubah juga 😀

Lalu judul cerita apa yang menarik? judul yang jarang orang gunakan atau judul sesuai dengan tema yang sedang hits, misalnya jika bulan Februari maka buatlah tentang Valentine, atau sekarang ini kan sebentar lagi kita menyambut bulan suci Ramahdan, maka buatlah cerita yang berhubungan religi.

Baca juga: Traveling seru ala anak sekolah

*Bisa juga dengan cara kalian diam di rumah mengamati pemandangan sekitar atau gambar animasi kesukaan kalian ^_^

Terima kasih telah membacanya! Semoga bisa berguna!

Mohon maaf bila ada kata yang menyinggung kalian dan banyak yang tidak nyambung 😀

Yuk tulis komentar kamu