in

SenangSenang KerenKeren

6 Ciri-ciri Anak Kreatif dan Berprestasi

6 Ciri-ciri Anak Kreatif dan Berprestasi
6 Ciri-ciri Anak Kreatif dan Berprestasi

6 ciri-ciri anak kreatif dan berprestasi. Jadi anak kreatif itu sangat menyenangkan, selalin banyak disenangi teman-teman juga selalu memiliki jalan keluar untuk menyelesaikan masalah. Anak kreatif juga sering membantu orang lain dengan ide-idenya yang cemerlang, lalu apa saja ciri-ciri anak kreatif dan cara menjadi anak kreatif?

1. Senang membaca

Buku atau Internet adalah sumber bacaan yang bagus untuk kita, sehingga pengetahuan kita akan bertambah. Misalnya membaca tutorial cara membuat kerajinan tangan, jika ada tugas sekolah (prakarya) kamu bisa dengan mudah mengerjakannya. Begitu juga dengan pelajaran pelajaran di sekolah, jika kita lebih awal membaca bukunya, ketika guru menerangkan kita tinggal menanyakan hal-hal yang tidak ketahui, jadi pelajaran lebih efektif dan membuat kamu jadi perhatian di kelas.

Baca juga: cara membuat bros dari kain perca

2. Mencoba hal-hal baru

Anak pemberani adalah anak yang berani mencoba hal-hal baru dan bermanfaat, dengan itu kreatifitas kita akan bertambah dan terus terasah. Misalnya jika kita menemukan tutorial membuat tempat pensil dengan botol plastik, kita ganti dengan kardus bekas mainan atau dari bekas makanan.

3. Suka berimajinasi

Dengan berimajinasi, kita bisa menciptakan atau menemukan ide-ide baru. Kita juga bisa menggunakan imajinasi kita untuk mempraktikkan suatu keterampilan. Berlmajinasi atau berkhayal bisa membuat kita jadi kreatif. Misalnya, Drone (jenis mainan pesawat yang memiliki 4 baling-baling) awalnya juga dari imajinasi penciptanya, ya walau sekarang banyak sekali jenis dan inovasi, seperti manjadi motor terbang, bahkan manusia terbang.

6 Ciri-ciri Anak Kreatif dan Berprestasi
6 Ciri-ciri Anak Kreatif dan Berprestasi

4. Selalau Ingin Tahu

Rasa ingin tahu membuat kita jadi selalu penasaran. Para ilmuwan merupakan orang yang memiliki rasa ingin tahu sangat tinggi. Memiliki sifat selalu ingin tahu, merupakan salah satu syarat menjadi kreatif. Misalnya, Kenapa mobil bisa berjalan, bagaimana cara membuat mesinnya, dan lain sebagainya.

5. Selalu Ingin Menyelesaikan Masalah

Jika kita menemui masalah atau kesulitan, jangan menyerah atau menghindarinya. Setiap masalah pasti ada jalan keluarnya. Dengan mencoba menyelesaikan masalah, pengalaman kita akan bertambah. Belajar menyelesaikan masalah, itu juga akan membuat kita jadi kreatif. Misalnya, memperbaiki pulpen yang rusak, Menambal kolam renang air dari balon, memperbaiki tas sekolah, dan sebagainya.

Baca juga: Cara membuat mainan dari kardus bekas

6. Membantu Orang Tua

Misalnya membantu membuat kue, mencuci piring atau pakaian, mencuci mobil, memperbaiki sepeda, dan lain-lain. Beberapa kegiatan itu memang terdengar sederhana, namun dengan membantu ibu atau ayah, kita juga bisa jadi kreatif. Kita jadi tahu cara melakukan atau menyelesaikannya.

Nah itu dia 6 ciri-ciri anak kreatif dan cara menjadi anak kreatif, sehingga bisa berprestasi baik di kelas atau di lingkungan sekitar kita. Aku jadi ingat ada anak yang membuat tempat sampah bisa berbicara. Jika ada orang yang membuang sampah, maka tong sampah itu akan berbicara dan mengucapkan terima kasih.

12 Komentar

Balas komentar

Yuk tulis komentar kamu