in

SenangSenang KerenKeren

6 Tips Menggunakan Sosial Media Yang Aman

6 Tips Menggunakan Sosial Media Yang Aman
6 Tips Menggunakan Sosial Media Yang Aman

6 tips menggunakan sosial media yang aman. Hai temen-temen! Siapa yang main sosial media seperti facebook, instagram, twitter, line, dan lain-lain?

Pasti banyak yang main. Penulis cilik juga termasuk sosial media, lho! Tapi sosial media yang bermanfaat, kalau sosial media yang lain masih banyak yang tidak disaring, berbeda dengan website ini, semuanya harus di approve dahulu oleh admin.

Sebetunya bukan salah sosial medianya, tapi salah penggunanya, karena banyak pengguna yang tidak bijak dalam bersosial media dengan baik. Penggunaan media sosial jika dimanfaatkan dengan baik, maka hasilnya pun akan baik.

6 Tips Menggunakan Sosial Media Yang Aman

Kali ini aku akan membahas cara aman memakai sosial media bagi anak-anak, agar kita aman dan dapat belajar dari sosial media. Nah, kita mulai aja yuk.

1. Hati-hati penculik anak di sosial media

Penculik anak bisa menggunakan sosial media untuk mengunduh data kita dan untuk menculik anak kecil. Jadi, jika ada orang yang mau berteman dengan kita, tanyakan dulu pada orangtua. Kalau bisa, sosial media kita diatur oleh orang dewasa atau orangtua yang kita kenal. Jika ingin berteman dengan seseorang harus hati-hati.

Baca juga: Cara menanggapi haters yang menganggu

2. Menjaga Data Pribadi Dengan Bijaksana

Kita tidak boleh membocorkan nama lengkap, alamat rumah, sekolah, foto keluarga, dan lain-lain yang sangat pribadi. Jika ingin melakukannya, maka kita harus memprivate sosial media kita.

3. Menjaga Password Sosial Media

Mungkin kamu suka iseng dengan teman tuker-tukeran kata kunci sosial media. Jangan pernah lakukan lagi ya!. Bagi yang sudah pernah melakukannya, segera ganti passwordnya. Kita tidak pernah tahu isi hati orang lain.

4. Berbicara dengan sopan di sosial media

Sekarang banyak sekali aplikasi dan web yang bisa membocorkan kata sandi pada orang yang menginginkannya. Jadi, bisa saja akun temanmu di-hack atau dikontrol orang lain. Jangan berbicara sembarangan, karena kita tidak tau siapa yang mengendalikan di belakangnya.

Baca juga: Cerita anak gara-gara sosial media

5. Menggunakan sosial media untuk mengembangkan bakat

Jika ingin terkenal atau mendapat uang, boleh lah tidak usah diprivate dan kasih liat mukamu. Tapi sebaiknya menggunakan nama singkat. Misalnya namamu Annabelle. Beri tahu dirimu sebagai Anna atau Belle atau Ann.

6. Sudah terkenal? Jangan beri tahu fakta tentang dirimu pada teman

Temanmu bisa saja disogok untuk memberi tahu identitas dirimu. Jangan beri tahu, karena akan membuatmu tidak aman. Libatkan orang tua dalam berbagai hal, sehingga kamu bisa aman menggunakan sosial media

Baca juga:
Mention artinya?
Caption singkat

Makasih sudah membaca 6 tips menggunakan sosial media yang aman, semoga bermanfaat!

Kamu mau menulis cerita seperti ini juga? Tulis sekarang!

Yuk tulis komentar kamu