in

8 Fungsi Keluarga, apa saja?

8 fungsi keluarga
8 fungsi keluarga

8 Fungsi Keluarga memberikan contoh yang baik kepada anak, tentang cara bersikap dan mengendalikan diri dalam berbagai hal.

Ada banyak manfaat 8 fungsi keluarga, salah satunya memberikan rasa aman kepada anak atau anggota keluarga lainnya, sehingga rumah menjadi tempat solusi bagi keluarga.

Ada banyak makalah 8 fungsi keluarga mulai dari BKKBN, WHO, ataupun Universitas pada jurusan psikologi, yang bisa kita lihat di Internet.

8 Fungsi keluarga menurut BKKBN adalah Keluarga Indonesia mampu menjadi keluarga sejahtera juga berkualitas.

Baca: Sistem pendidikan anak

8 Fungsi Keluarga

Berikut ini adalah 8 Fungsi utama keluarga, dimana implementasi diharapkan mampu menghindari pernikahan usia dini, menghindari kenakalan para remaja, penyalahgunaan obat terlaran (NARKOBA), pencegahan penyait HIV/AIDS, dan lainnya.

gambar 8 fungsi keluarga
Gambar 8 fungsi keluarga

Download “8 Fungsi Keluarga” gambar-8-fungsi-keluarga-bkkbn-who-afeksi.jpg – Downloaded 6 times – 302 KB

Fungsi Keagamaan

Agama merupakan sumber utama tuntunan utama dalam hidup, bahkan hal terkecil sekalipun ada aturannya. Keluarga adalah tempat atau wahana pertama dalam memperkenalkannya kepada anak-anak, sehingga terciptanya keluarga harmonis.

Contoh: Mengajak sholat berjamaah

Fungsi sosial budaya

Orang tua seharusnya mampu memberikan contoh dalam menanamkan tingkah laku dan norma yang baik di masyarakat, sebab budaya yang baik di dalam keluarga akan memberikan dampak psikologis pada anak.

Contoh: Makan bareng bersama

Fungsi cinta dan kasih sayang

Keluarga yang dibaguan atas dasar cinta, memupuk rasa empati kepada setiap anggota keluaga dan orang lain. Rasa saling menolong tanpa pamrih akan terpupuk dengan baik, khususnya keluarga ataupun masyarakat sekitar.

Contoh: Mendoakan apabila ada anggota keluarga yang sakit

Baca: Mengenali disleksia pada anak

Fungsi Perlindungan

Keluarga harmonis akan memberikan rasa aman juga nyaman, sehingga timbul keterbukaan satu sama lain. Jika semua merasa nyaman, tidak akan lagi rasa malas untuk pulang ke rumah.

Contoh: Kumpul bersama keluar atau mencari solusi atas masalah yang ada

Fungsi Reproduksi

Merencanakan kelahiran atau jumlah anak yang disepakati, akan membuat orang tua saling memahami. Memberikan jarak kelahiran bisa memberikan dampak baik dalam mendidik anak. Rasa saling percaya juga memberikan efek kesehatan reproduksi.

Contoh: Mendukung Pemerintah 2 anak cukup

Fungsi Sosialisasi dan Pendidikan

Manusia merupakan makhluk sosial yang tidak bisa mandiri, maka dari itu bertegur sapa dengan tetangga atau ikut serta dalam kegiatan lingkungan akan memberikan contoh bagi anak, sehingga dapat berani bersosialisasi antar warga sekitar, dari sana fungsi pendidikan dalam keluarga sudah bekerja dengan baik.

Contoh: Menengok warga yang sakit

Baca: Pendidikan anak

Fungsi ekonomi

Fungsi ekonomi dalam keluarga adalah keterbukaan kuncinya, baik dari segi pengeluaran ataupun pemasukan. Pembagian tugas antar Ayah dan Ibu akan memberikan contoh yang baik kepada anak, sehingga keluarga mampu menjadi unit yang mandiri serta sanggup menjamin kesejahteraan baik lahir maupun bathin.

Contoh: Ayah mencari nafkah, ibu mengurus keperluan rumah tangga.

Fungsi lingkungan

Hidup di lingkungan yang bersih, sehat, dan aman, memberikan efek yang baik terhadap tumbuh kembang anak. Orang tua dapat menjelaskan dampak dari tidak menjaga lingkungan, serta memberikan aksi baik lainnya.

Contoh: Membuang sampah pada tempatnya, atau menanam pohon.

Baca: Manajemen pendidikan anak usia dini

Terima kasih sudah membaca artikel parenting dan membagikannya, koreksi jika ada kesalahan ya! Semoga kita termasuk keluarga yang mampu mendidik anak dengan baik dan benar.

Yuk tulis komentar kamu