in ,

8 Tips Cari Teman Baru di Sekolah Baru atau Lingkungan Baru

Tips Cari Teman Baru di Sekolah Baru
Tips Cari Teman Baru di Sekolah Baru

8 tips cari teman baru di sekolah baru atau lingkungan baru. Sekolah baru, berarti suasana baru, pastinya dengan lingkungan baru juga. Perasaan gak nyaman pasti ada, ditambah kita baru kenal dengan beberapa orang saja.

Mau kemana-mana rasanya kurang nyaman, bukan karena takut, cuma canggung aja. Semua itu pasti dirasakan oleh semua siswa baru. Jika kamu pendiam apa lagi, mana mungkin bisa dapat banyak teman dan beradaptasi dengan cepat.

Tips cari teman baru di sekolah baru

Cari teman baru itu gak mudah, tapi gak gampang juga. Ada banyak tipsnya, tapi hanya beberapa saja yang mau aku share di sini, karena ini tips ampuh aku cari teman baru.  Jika kamu mencobanya, pasti bukan kamu yang mencari teman, tetapi kamu yang dicari-cari sama teman baru.

Tebarkan senyuman

Senyum itu ibadah, jadi kamu jangan cemberut di sekolah baru, tebarkan senyuman dimana-mana, jangan sampai semua orang melihat kamu dengan muka yang ketus, karena bisa-bisa mereka akan menjauhi kamu.

Tapi ingat! Jangan senyum-senyum sendiri, atau senyum terus sepanjang hari, malah jadi aneh, hehe senyum yang sewajarnya saja. Jika ketemu kakak kelas, sapa “Hi Kak,” pasti Kakak kelas akan menyapa balik, jika titak, tabah saja, karena itu ujian pertamamu.

Baca juga: Cara jadi idola di Sekolah

Tunjukkan rasa percaya diri

9 Cara Meningkatkan Percaya Diri Pada Anak
Percaya Diri Pada Anak

PD aja lagi! Jangan menunjukkan kamu tidak percaya diri, pokoknya jangan memberi celah kepada para pembuli di sekolah. Jika ada teman yang kesusahan, tawarkan saja bantuan, siapa tahu dia mau jadi temanmu.

Berani menegur teman

Buka pembicaraan dengan pura-pura bertanya, “Halo Kak, maaf toilet dimana ya?” ya walau saat itu kamu ada di depan toilet juga gak apa-apa, intinya berani menegur teman duluan.

Jangan diam di dalam ruangan

Ada banyak teman di luar, kenapa kamu di dalam? Cobalah untuk main ke perpustakaan sekolah, ke kantin, baca buku di depan kelas, atau bolak balik ke toilet juga gak apa-apa, banyak orang kok di sana. Ajak kenalan, kan harus percaya diri.

Ikut organisasi sekolah

Jika di sekolah lama kamu malas berorganisasi, coba lah berubah, karena sekarang kamu sudah naik tingkat. Yakin deh, murid yang aktif organisasi, selain dikenal banyak orang, guru juga akan memperhatikan kamu.

Apa yang kamu bisa, tunjukkan lah!

Bisa olah raga, bisa bernyanyi, bermain alat music, tunjukkan lah, karena itu point plus dari kamu. Anak yang bisa bermain alat musik pasti punya banyak teman, atau jika ada kegiatan yang kamu bisa, bantu dan ikuti saja.

Baca juga: Cerita tentang teman baru

Jangan sombong

Sehebat apapun kamu, jika sombong akan dibenci, jadi kenapa harus sombong? Banyak teman itu menyenangkan, kemana-mana ada yang kenal, jika kesusahan pasti ada yang bantu.

Menyeleksi teman

Jika kamu sudah banyak memiliki teman, coba lah selektif, seleksi teman mana saja yang cocok dengan kamu, karena teman yang baik akan membawa kita pada kebaikan, begitu juga sebaliknya.

Kenapa kita harus menyeleksi? Berada di lingkungan baru dan mempunyai teman baru, kita tidak tahu penyakit seseorang, kususnya penyakit kleptomania (mencuri), makanya harus tetap berhati-hati.

Tips rahasia cari teman

Dekati guru atau wali kelasmu, makan akan banyak teman yang mendekatimu. Jika persahabatan dengan guru terjalin baik, mana nilai juga membaik, hehe! Itu tergantung nilai ujian kamu juga sih, ups.

Nah, itu saja tips cari teman baru dariku, semoga bermanfaat. Jika ada tips tambahan, tulis di kolom komentar ya.

Ditulis oleh Keona Faneta

Dengan menulis aku bisa menuangkan rasa gundah yang selama ini aku pendam, dengan menulis juga aku belajar merangkai kata.

Years Of MembershipContent Author

Yuk tulis komentar kamu

Alamat email kamu tidak akan dipublikasikan. Yang memiliki tanda (*) harus diisi