in

NgakakNgakak TakutTakut SedihSedih SenangSenang KagetKaget KerenKeren

8 Tips Menjadi Pendongeng Hebat dan Mengesankan

8 Tips Menjadi Pendongeng Hebat dan Mengesankan
8 Tips Menjadi Pendongeng Hebat dan Mengesankan

8 Tips Menjadi Pendongeng Hebat dan Mengesankan. Mendongeng adalah sesuatu kegiatan yang mengesankan untukku, ditambah jika pendengar merasa terkesan. Memang ada teknis khusus yang harus dipelajari, misalnya suara untuk masing-masing karakter juga ekspresi, namun pada artikel kali ini akan dibahas terkait tips dan trik menjadi pendongeng, berikut ini langkah-langkah mendongeng:

1. Membaca Cerita

Persiapan awal yang dilakukan adalah membaca dahulu cerita yang akan kita bawakan. Jika diperlukan buat catatan atau hal-hal penting untuk mengingatkan (materi mendongeng). Point yang harus ditulis adalah alur atau jalan cerita dan penokohan. Tidak perlu menghafal seluruh ceritanya, karena jika mendongeng persis dengan cerita itu hasilnya akan tidak natural, jika kita menguasainya bisa ditambahkan improvisasi agar cerita itu berkesan.

2. Memilih Cerita

Jangan asal memilih cerita, tetapi kita harus memiliki strategi dengan memilih cerita yang mengesankan. Sebab, jika kita saja terkesan, akan lebih mudah untuk menjiwai cerita tersebut. Membawakan kisah yang sangat kita sukai, juga akan membuat percaya diri pada saat kita tampil mendongeng.

8 Tips Menjadi Pendongeng Hebat dan Mengesankan
8 Tips Menjadi Pendongeng Hebat dan Mengesankan

3. Cerita yang pendek

Cerita yang panjang tentu perlu waktu lama saat didongengkan, kecuali kita memang sudah mahir sehingga dapat dengan mudah memotong cerita tanpa merubah maknanya. Durasi mendongeng yang pas adalah sekitar 3 sampai 7 menit, karena hanya pada waktu itu orang bisa menangkap dengan baik apa yang kita sampaikan. Jika memang waktu mendongeng kita panjang, tambahkan selingan baik bernyanyi atau melakukan permainan.

4. Menggambarkan Suasana

Gambarkan suasana cerita sebaik mungkin, baik dengan narasi atau ucapan, maupun dengan alat-alat bantu. Ekspresi wajah kita juga dapat membantu menggambarkan suasana. Kita dapat membawa gambar istana yang indah saat bercerita tentang putri cantik di sebuah kerajaan. Boneka kucing dapat kita tunjukkan saat bercerita tentang kucing yang baik hati.

Baca juga: Cara awal membuat cerita

5. Suara Unik Untuk Setiap Tokoh

Selain menggunakan suara biasa, kita juga bisa menggunakan suara berbeda untuk masing-masing tokoh. Suara unik dapat kita gunakan untuk tokoh-tokoh yang berbeda.Tokoh anjing tentu berbeda dengan tokoh kucing. Suara unik juga dapat kita gunakan untuk menceritakan keadaan. Misalnya, menirukan suara ombaklaut, dan suara angin yang bertiup. Suara unik itu membuat pendengar merasa seakan-akan menjadi bagian dan cerita.

6. Ketahui Pendengar Dongeng dan Bahasanya

Cara mendongeng yang menarik kita juga harus mengetahui siapa yang akan mendengarkan dongeng kita, jika anak-anak maka jangan sampai kita mengeluarkan kata-kata yang tidak dimengerti oleh mereka. Jika pendengarnya adalah orang sunda, maka alangkah baiknya jika ngadongengnya ngangge bahasa sunda oge.

7. Berlatih Bercerita

Bagi yang belum terbiasa bercerita di depan orang lain, kadang gugup saat tampil. Nah, untuk mengatasinya, berlatihlah di depan cermin. Kita latihan cara pengucapan untuk nama-nama tokoh dan kalimat-kalimat penting. Pastikan yang kita ucapkan itu dapat terdengar dengan baik. Dengan berlatih kita juga jadi tahu cerita yang kita bawakan itu durasi waktunya berapa lama. Jangan lupa gabung di komunitas pendongeng, seperti komunitas dongeng Jakarta atau disesuaikan dengan daerah kalian sehingga bisa mendapatkan pelajaran dan masukan berharga.

8. Percaya Diri dan Berani

Ada orang yang merasa malu saat bercerita di depan orang. Lalu, suaranya jadi terbata-bata dan gugup. Padahal, ceritanya sudah dipersiapkan dengan baik. Ayo, beranikan diri untuk memulai! Biasanya, kegugupan. itu hanya di awal saja. Setelah mulai bercerita, rasa gugup akan hilang dengan sendirinya. Cara mendongeng yang menarik akan timbul dengan sendirinya sehingga kalian akan memiliki karakter sendiri yang dikenal orang-orang.

Ok teman-teman sekian 8 Tips Menjadi Pendongeng Hebat dan Mengesankan, semoga bermanfaat dan dimengerti oleh pemula sehingga kalian bisa lebih bagus dan tambah percaya diri untuk mendongeng. Mohon maaf jika ada kekurangan, artike ini saya kutip dari beberapa majalah.

Yuk tulis komentar kamu