in

9 cara memberi salam saat tatap muka, apa saja ya?

9 cara memberi salam saat tatap muka
9 cara memberi salam saat tatap muka

Ini dia 9 cara memberi salam saat tatap muka sebagai pengganti berjabat tangan agar kamu terhindar dari kontak fisik dengan orang lain.

Virus corona sebagai penyebab dari penyakit COVID-19, sudah ditetapkan sebagai pandemi oleh WHO karena sudah menyebar di seluruh dunia. Baca: Perbedaan pandemi dan endemi.

Di Indonesia sendiri penyebarannya sudah cukup meluas, terbukti dari semakin banyak pasien yang dinyatakan positif menderita penyakit COVID-19.

Cara memberi salam saat tatap muka

Salah satu upaya pencegahannya selain mencuci tangan adalah dengan tidak berjabat tangan ketika berpapasan, bertemu, atau tatap muka.

Berikut ini beberapa cara alternatif saling menyapa tanpa harus berjabat tangan, yaitu:

Mengucapkan salam

Jika kamu seorang muslim, maka ucapkanlah “Assalamualaikum”, atau jika tidak ucapkan saja “hai”.

Melambaikan Tangan

Setelah mengucapkan salam, alangkah baiknya jika kita melambaikan tangan, agar lawan bicara tahu kita menyapa kepadanya.

Namaste

Jika tidak melambaikan tangan, kamu bisa melakukan namaste, yaitu menyatukan kedua telapak tangan di depan dada sambil mengucapkan salam.

Membungkuk

Ini sebenarnya tradisi yang biasa dilakukan oleh orang Jepang, di mana kita membungkuk (seperti gerakan ruku pada sholat) serta menghadap kepada orang yang dituju.

Senyum

Senyum tanpa mengucapkan sepatah katapun aku rasa saat ini syah-syah saja, sebab semua orang tahu bahwa kita saat ini sedang menghadapi pandemi virus corona.

Foot Shake

Ini banyak dikenal juga dengan ‘Wuhan Shake’ karena banyak orang wuhan menggantikan salam dengan cara ini, yaitu dengan menempelkan kaki kanan kita dengan kaki orang lain.

Elbow Shake

Jika tidak tertarik dengan foot shake, kamu bisa melakukan elbow shake atau menempelkan siku tanan kita dengan siku tangan orang lain.

Gong shou

Pernah menonton film kungfu? ketika mereka akan bertarung selalu mengawali dengan mengepalkan tangan kanan kemudian ditempelkan dengan telapak tangan kiri yang terbuka, ini yang disebut Gong shou.

Shoulder Shake

Shoulder Shake adalah menepuk bahu orang lain. Sebenarnya ini aku tidak mengajutkan, karena kita masih berkontak fisik walau hanya dengan bahu.

Baca:
Perbedaan PDP dan ODP
Cara menggunakan hand sanitizer
Cara menggunakan masker
Arti Social Distancing

Nah sobat, itulah cara memberi salam saat tatap muka. Mana yang menurut kalian menarik? Koreksi jika aku salah dan bagikan jika bermanfaat.

Yuk tulis komentar kamu