in

9 Cara Meningkatkan Percaya Diri Pada Anak

9 Cara Meningkatkan Percaya Diri Pada Anak
9 Cara Meningkatkan Percaya Diri Pada Anak

9 cara meningkatkan percaya diri pada anak. Kepercayaan diri anak tidak akan timbul dengan sendirinya, walau dikemudian hari ketika dia mulai dewasa akan memahami itu. Jika kepercayaan diri itu bisa tanamkan dari kecil kenapa tidak dilakukan?

Bunda, mulai sekarang coba kita buat momen-momen berharga setiap hari dengan anak, bukan mengajaknya traveling yang jauh, atau berbelanja di Mall, tetapi mulai dari menanamkan ucapan atau kalimat pendek yang akan membangun kepercayaan diri pada anak.

Cara Meningkatkan Percaya Diri dengan kalimat pendek

Berikut ini adalah ucapan atau kalimat pendek yang bermakna sebagai cara meningkatkan rasa percaya diri anak anda, diantaranya:

1. Buat anak merasa bernilai

Jangan pelit mengungkapkan rasa cinta anda kepada anak, karena kalimat sangat berperan penting ketika kita bersamanya. Bunda dapat mengucapkan hal ini, “Ayah dan Bunda sayang sekali sama kamu nak”

2. Biarkan anak bekompetisi

Mengikuti lomba salah satu caranya, atau dengan membiarkan dia bermain dengan teman-temannya, jika dia salah atau kalah, tidak apa-apa, cukup ucapkan ini kepadanya, “Ayah dan Bunda sangat bangga karena kamu sudah berusaha dan mencoba”. Sekali lagi Bunda, proses belajar adalah yang utama dari pada hasil.

Baca juga: hati-hati dengan heters anak di sosmed

3. Anak adalah sumber kebahagiaan

Anak adalah titipan Tuhan, maka dari itu kita harus merawat dan mendidiknya. Kalimat ini terdengar sepele, tetapi coba saja, “Kamu membuat Ayah dan Bunda bahagia setiap hari.” Anak akan merasakan kebahagiaan yang tidak ternilai, walau hanya dari sebuah kalimat.

4. Bangun rasa pemenuhan atau pencapaian diri anak

Terkadang kita lupa, anak sering mengucapkan ini, “Ayah dan Bunda, aku berhasil menyusun puzzle ini.” kemudian kita hanya tersenyum atau memalingkan muka. Bunda, sebaiknya ucapkalan walau hanya sedikit, “Hebat! Ayah dan Bunda bangga sama kamu.”

5. Harga diri anak

Sebelum tidur, sebelum mendongengkan anak, coba ucapkan, “Bagi Ayah dan Bunda, kamu sangat istimewa.” Kalimat ini akan memberikan ketenangan dan kenyamanan kepada anak, sehingga tidurnya tenang.

6. Meningkatkan kepercayaan diri

Anak yang berani bergaul adalah anak yang tidak pernah dikatakan, “Dia mah anak pemalu.” Kepercayaan seluruh keluarga adalah kunci, buang jauh jauh kalimat itu, katakanlah “Ayah dan Bunda percaya kamu bisa dan berani dalam kebaikan.”

7. Mengatasi kegelisahan anak

Kesedihan akan datang kapan saja, tapi bukan hukuman atau rasa takut yang kita tanamkan, melainkan kenyamanan dalam dirinya bahwa kita ada untuknya, kalimat ini akan mengatasi kegelisahan anak “Ayah dan Bunda akan selalu ada di sisimu.”

8. Agar anak tidak takut gagal

Kegagalan adalah ketakutan semua anak, apa lagi jika anak anda sering sekali di banding-bandingkan dengan anak yang lain, dan itu salah! Ajarkan anak agar tidak takut gagal dan bangun kepercayaan diri dengan melakukannya hal-hal yang dianggap susah bersama-sama. “Kamu bisa, ayo kita coba lagi bersama-sama.”

Baca juga: Cerita anak bundaku seorang pembohong

9. Mengajarkan anak bersyukur

Kalimat pembuka yang harus diucapkan adalah “Terima kasih, sudah terlahir menjadi anak Ayah dan Bunda, semoga Allah SWT memberikan rezeki, merindhoi, memberkahi, dan menjadikan kamu anak yang pintar, sehingga bermanfaat untuk keluarga dan bangsa.” Ajarkan juga rasa menyayangi anggota keluarga lain, sehingga dia merasa memiliki keluarga yang sayang kepadanya.

Bunda, sekian saja 9 Cara Meningkatkan Percaya Diri Pada Anak dari saya, semoga bermanfaat. Baca juga artikel parenting Indonesia lainnya.

Yuk tulis komentar kamu