in

SenangSenang KerenKeren

Alat gerak lumba-lumba dan cara bernapas

Alat gerak lumba-lumba dan cara bernapas
Alat gerak lumba-lumba dan cara bernapas

Apa sih alat gerak lumba-lumba dan bagaimana cara bernapasnya? Ini pelajaran Biologi, Sekolah Menengah Atas (SMA).

Tahukah kamu bahwa dolpin atau lumba-lumba menyusui anaknya? Betul sekali, itulah alasannya mereka termasuk mamalia atau hewan yang menyusui. Mamalia termasuk hewan yang cerdas juga memiliki sistem alamiah yang sangat kompleks melengkapi tubuhnya.

Ada banyak teknologi yang terisnpirasi dari lumba-lumba, salah satunya adalah baju renang yang terinspirasi dari kulitnya, karena tekstur kulit lumba-lumba yang licin dapat memperkecil gesekan dengan air.

Alat gerak lumba-lumba dan cara bernapas

Lebih dari 40 jenis lumba-lumba di dunia ini. Lumba-lumba termasuk kerabat ikan paus dan ikan pesut.

Apa sih alat gerak yang dimiliki lumba-lumba? Karena lumba-lumba hidup di air, sudah jelas alat yang membuat dia bergerak adalah sirip dan dibantu dengan desain kulitnya yang unik membuatnya lincah berenang.

Lumba-lumba hidup berkelompok. Makanan yang dikonsumsinya adalah cumi-cumi dan ikan yang sejenis dengan ikan mullet abu-abu.

Lumba-lumba tidak bisa tidur pulas di dalam air, jika sampai pulas akan tenggelam, jadi jika tidur maka akan setengah sadar.

Lumba-lumba bernapas dengan paru-paru, sama seperti manusia. Memiliki lubang udara yang mirip hidung berada di bagian atas kepalanya. Bayi lumba-lumba akan disusui dan di bawa ke permukaan untuk bernapas.

Cara lumba-lumba bernapas adalah dengan melompat ke permukaan, maka beberapa meter sebelum sampai ke permukaan biasanya akan menghembuskan udara dengan kuat melalui lubang udara, sehingga ketika sampai ke permukaan dapat menghirup udara yang banyak.

Lumba-lumba juga memiliki sistem sonar, yaitu sebuah sistem yang digunakan untuk menerima rangsang dan berkomunikasi. Dengan ini juga lumba-lumba dapat mendeteksi adanya benda di depannya sehingga tidak tertabrak.

Baca:
Organ penyusun sistem pernapasan manusia
Ikan yang bisa memanjat pohon
Cara menggambar ikan
Perbedaan Vertebrata dan Avertebrata

Nah sobat itulah alat gerak lumba lumba dan cara bernapas. Kamu bisa koreksi jika aku salah. Terima kasih sudah membaca dan membagikannya.

Yuk tulis komentar kamu