in

Sebutkan 3 cara menjaga keanekaragaman hayati!

Sebutkan 3 cara menjaga keanekaragaman hayati
Sebutkan 3 cara menjaga keanekaragaman hayati

Sebutkan 3 cara menjaga keanekaragaman hayati! Hai Sobat Penulis Cilik! Bertemu lagi dengan Salwa! Seperti biasanya, kali ini aku ingin membahas salah satu tugas sekolahku di Lembar Kerja Siswa ( LKS ). Langsung saja yuk!

Nah.. Soal lengkapnya adalah seperti ini “Menurut Pendapatmu, bagaimana cara menjaga keanekaragaman hayati? Sebutkan 3 cara!”. Ini adalah Soal pada pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial ( IPS ) Kelas 6 Sekolah Dasar ( SD ).

Kalian tahu, apa itu keanekaragaman hayati? Mungkin ada beberapa diantara kalian yang sudah tahu ya.. Namun, pasti ada juga yang belum tahu. Nah, silahkan simak penjelasan singkatnya di sini ya..

Keanekaragaman hayati adalah keanekaragaman hewan dan tumbuhan yang ada di Indonesia. Wilayah Indonesia ini, kaya akan keanekaragaman hayati. Dikarenakan, letak geografis Indonesia di Pertemuan dua benua. Juga, karena lokasi Indonesia berada di Khatulistiwa yang menerima banyak sinar matahari sepanjang tahun. 

Untuk yang lebih jelasnya, silahkan baca Letak geografis Indonesia dan Pengaruhnya bagi kehidupan, salah satu karyaku.

Nah, Indonesia kan kaya akan keanekaragaman hayati. Baik di lautan, maupun di daratan. Kekayaan keanekaragaman hayati Indonesia ini, mesti dijaga oleh kita. Karena, jika tidak, maka keanekaragaman hayati ini tidak akan berkembang lagi di wilayah Indonesia.

Sebutkan 3 cara menjaga keanekaragaman hayati

Lantas, Bagaimana cara menjaga keanekaragaman hayati? Aku akan memberikan tiga jawaban. Silahkan disimak ya..

Tidak melakukan perburuan liar di lingkungan

Mengapa? Karena kegiatan memburu secara liar, terutama hewan hewan terlarang, akan mengganggu perkembangan hewan hewan. Dan ini bisa menyebabkan hewan hewan punah.

Tidak menebang pohon secara sembarang

Penebangan pohon atau penggundulan hutan hutan tentu sangat mengganggu pertumbuhan pohon pohon. Selain mengganggu perkembang biakan, hal ini juga dapat menyebabkan bencana banjir dikarenakan berkurangnya penyerapan air hujan

Tidak membuang sampah sembarangan

Agar lingkungan menjadi bersih dan makhluk hidup pun dapat bertahan hidup dengan baik. Coba bayangkan, banyak kan kejadian kejadian seperti air laut tercemari kemudian ikan ikan pun memakan sampah sampah itu? Hii… ngeri kan? Karena itu, buanglah sampah pada tempatnya.

Baca:
Manfaat keanekaragaman hayati di Indonesia dan contohnya
Contoh Keanekaragaman Gen
Apa manfaat terumbu karang bagi kehidupan manusia dan kelestarian biota laut?

Nah teman teman.. itulah jawaban dari soal tadi. Punya pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar ya.. jangan lupa, koreksi jika aku salah dan bagikan ini jika bermanfaat. Terima kasih sudah membaca.

Kamu juga bisa mengirim tulisan seperti ini. Yuk, Buat Sekarang!

Yuk tulis komentar kamu