in

Apa arti bermusyawarah dan apa tujuannya?

Apa arti bermusyawarah?
Apa arti bermusyawarah?

Apa arti bermusyawarah? Apa tujuan musyawarah? Ini pelajaran kelas 3, Sekolah Dasar (SD). Sobat Penulis Cilik kata ini sangat penting, terbukti digunakan pada sila ke-4 Pancasila.

Masih ingat apa bunyi sila ke-4 Pancasila? Ini bunyinya: “Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan dan perwakilan.” Baca: Pengamalan sila ke 4.

Selain pada Pancasila, kata bermusyawarah terdapat pada Janji Pramuka, yaitu pada point ke 4 Dasa Dharma Pramuka, berbunyi: “Patuh dan suka bermusyawarah.”

Apa arti bermusyawarah

Bermusyawarah artinya melakukan kegiatan diskusi untuk membahas atau membicarakan suatu masalah dengan banyak pihak, sehingga banyak masukkan untuk menyelesaikan masalah tersebut.

Kegiatan musyawarah dapat dilakukan dimana saja, misalnya di sekolah, rumah (keluarga), bahkan di lingkungan masyarakat.

Dengan adanya kegiatan ini, masalah dapat diselesaikan dengan cara kekeluargaan, karena tujuan dari bermusyawarah adalah mencari solusi untuk mencapai kesepakatan bersama.

Baca:
Arti Lambang Pancasila
Perbedaan Pro dan Kontra
Mengapa kita harus menghargai perbedaan

Melakukan kegiatan ini tidak sembarangan ada aturan yang harus ditaati, kamu bisa membaca: Tata cara bermusyawarah dalam Islam. Kamu bisa bisa koreksi aku jika salah dan bagikan jika ini bermanfaat

Yuk tulis komentar kamu