in ,

NgakakNgakak SenangSenang KagetKaget KerenKeren

Apa itu Haters dan Cara Menghadapi Haters di Sosmed Anak

Apa itu Haters dan Cara Menghadapi Haters di Sosmed Anak
Apa itu Haters dan Cara Menghadapi Haters di Sosmed Anak

Apa itu Haters dan cara menghadapi haters di sosmed anak. Seiring dengan berkembangnya teknologi, khususnya aplikasi gawai (perangkat lunak), banyak sekali startup pada bidang sosial media.

Hampir setiap tahun bermunculan startup baru, semuanya memberikan solusi atas masalah yang dihadapi masyarakat umunya. Kali ini yang akan dibahas tentang sosial media, dimana, selain untuk update status juga sering digunakan untuk jual beli (usaha).

Misalnya saja instagram, banyak Orangtua, remaja, dan anak-anak berlomba membuat konten kreatif untuk mendapatkan follower dan endorsement.

Baca juga: Artikel parenting Indonesia

Apa itu Endorse?

Endorse adalah dukungan seseorang terhadap produk tertentu. Endorse dari bahasa Inggris (endorsement) dimana di Indonesia identik dengan instagram, karena begitu banyak selebgram yang mendapatkan endorsement. Apakah dengan endorse kita mendapatkan uang? Iya! dibayar tergantung kesepakatan dengan pemilik produk.

Berikut ini adalah kriteria akun sosial media (instagram) yang akan mendapatkan endorse:

  • Tema akun harus menarik
  • Jumlah followers
  • Jumlah love setiap postingan
  • Jumlah penonton video
  • Jumlah komentar setiap postingan
  • dll

Nah, setelah mengetahui bahwa akun sosial media (Instagram) itu dapat menghasilkan uang, banyak orang-orang yang mencobanya, atau mungkin takut dianggap kurang update (kudet). Dari sanalah mulai timbul perasaan:

  • tidak suka dengan foto seseorang
  • tidak suka dengan status seseorang
  • bahkan tidak suka dengan orang-orang yang dianggap lebih baik dari dirinya.

Baca juga: Berapa ya, kebutuhan waktu tidur anak?

Apa itu Haters ?

Haters berasal dari kata bahasa Inggris, yaitu “Hate” artinya benci, jika ditambahkan imbuhan “r” jadi “Pembenci”. Jadi Apa itu Haters ? Haters adalah orang yang melakukan tindakan kebencian, secara tidak langsung orang itu menyukai kita, sebetulnya kembali lagi pada diri kita, jika kita posting sesuatu yang bermanfaat mungkin akan sedikit orang yang membenci kita atau mungkin tidak ada.

Kenapa orang menjadi Haters ?

Ada banyak alasan, yang jelas dia tidak suka dengan kita. Mungkin di matanya kita lebih baik dari dia, karena itulah terus membuntuti keseharian kita di sosmed (Sosial Media). Jadi tidak ada alasan untuk kita harus pusing dengan Haters, karena itu hanya tindakan orang lemah, yang tidak berani mengungkapkan kekesalannya secara langsung kepada kita.

Cara menghadapi haters di sosmed anak dan kehidupan sehari-hari

Haters itu tidak sedikit, atau bisa juga dia hanya sendiri tetapi membuat akun dengan banyak dan berkomentar yang tidak mengenakan tentang status kita. Lalu bagaimana cara menanggapi haters anak?

  1. Bunda, coba check ada berapa sosial media yang dimiliki anak, berapa akun dia miliki? kemudian siapa yang ajak berteman (following) dan siapa yang berteman (followers).
  2. Ajarkan kepada anak, jika ada yang memberikan komentar yang tidak sopan, laporkan komentarnya (report), jangan membalas komentarnya, dan anggap saja tidak terjadi apa-apa.
  3. Ajarkan juga kepada anak cara memblokir pertemanan dengan orang yang tidak sopan atau mengganggunya.
  4. Mintalah anak untuk bercerita, jika ada akun sosmed yang tidak baik, dan membuatnya tersinggung atau terancam.
  5. Berikan penjelasan, bahwa tidak boleh sembarangan mempublikasikan, foto, video, lokasi, dan meminta data pribadi kita (nomor telapon, alamat rumah, dll) karena itu berbahaya.

Baca juga: Ibuku seorang pembohong

Apakah Haters ada manfaatnya?

Ternyata, banyak sekali orang yang merasakan manfaat dari adanya Haters, kenapa? karena dengan adanya Haters atau orang yang tidak menyukai seseorang, maka orang itu semakin terkenal, seperti halnya artis-artis.

Bahkan, saya pernah mendengar, banyak artis yang menaikkan popularitas dengan menyewa jasa Haters untuk mempublikasikan kebenciannya kepada seseorang, sehingga dapat meraih popularitas.

Ok, sekian saja ulasan sekilas tentang Apa itu Haters dan Cara Menghadapi Haters di Sosmed Anak, semoga bermanfaat dan yuk saling berbagi pengetahuan.

Yuk tulis komentar kamu