in

Apa makna bersatu kita teguh?

Apa makna bersatu kita teguh, bercerai kita runtuh_
Apa makna bersatu kita teguh, bercerai kita runtuh_

Apa makna bersatu kita teguh? Ini pelajaran PPKn, Kelas 8, Sekolah Menengah Pertama (SMP)/ Madrasah Tsanawiyah (MTs).

Peribahasa adalah ungkapan/ kalimat yang ringkas namun padat dengan makna, baik itu nasihat, prinsip hidup, aturan tingkah laku, dll.

Ada banyak contoh peribahasa di website penulis cilik, salah satunya yang pernah dibahas tentang semboyan semboyan bangsa Indonesia yang tertulis pada lambang negara, Burung Garuda. Bhinneka Tunggal Ika artinya berbeda-beda tetapi tetap satu jua.

Apa makna bersatu kita teguh, bercerai kita runtuh?

Bersatu kita teguh artinya jika kita bersama akan lebih kuat atau hebat. Bercerai kita runtuh artinya jika sendirian kita tidak bisa apa-apa atau bisa melakukan banyak hal.

Makna utama bersatu kita teguh, bercerai kita runtuh adalah jika seluruh warga Indonesia bersatu, maka akan menjadi satu kesatuan dan persatuan kuat, berbeda halnya jika tidak tentunya akan terjadi perpecahan.

Ilustrasi

Berikut ini ilustrasi sederhana untuk lebih memahami peribahasa ini, yaitu:

  1. Ikan kecil yang berada di tengah lautan jika hanya satu akan menjadi incaran pemangsa, namun jika jumlahnya ribuan (bergerombol) tentunya akan ditakuti dan para pemangsa jadi segan.
  2. Kamu bisa mengamati sapu lidi. Jika hanya ada satu lidi apakah bisa digunakan untuk menyapu sampah atau kotoran, tentu tidak bukan? Diperlukan puluhan lidi agar dapat digunakan.

Baca:
Arti bintang lapangan
Arti cepat kaki ringan tangan
Kutu buku artinya?
Arti karena nila setitik rusak susu sebelanga
Arti Ungkapan Tulang Punggung
langkah seribu artinya
Arti kebakaran jenggot
Ungkapan rendah hati
Ungkapan besar kepala
Ungkapan Besar Hati

Itulah jawaban dari soal: Apa makna bersatu kita teguh, bercerai kita runtuh? Koreksi jika aku salah dan bagikan jika ini bermanfaat.

Yuk tulis komentar kamu