in

Apa Manfaat Senam Irama

Manfaat Senam Irama
Manfaat Senam Irama

Apa sih manfaat senam irama? Ini materi Olahraga (Penjaskes) pembahasan tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP). Senam ini sangat populer di kalangan masyarakat, bahkan sering dijadikan ujian prakter di sekolah.

Senam Irama adalah olahraga seman yang setiap gerakannya mengikuti irama, seperti musik, ketukan, tepukan tangan, dll. Senam Irama atau seman ritmik terkadang menggunakan alat bantu seperti bola, tongkat, dll.

Senam irama (Rhythmic gymnastics) dibagi menjadi tiga bagian utama, yaitu gerakan pemanasan, gerakan inti, dan gerakan pendinginan. Jadi senam ini dapat diikuti semua kalangan, baik tua dan maupun muda.

Manfaat Senam Irama

Berikut ini beberapa manfaat senam irama bagi butuh manusia, diantaranya:

Membakar Kalori

Lemak yang sudah kita timbun setiap hari akan berkurang dengan olahraga. Ada banyak variasi gerakan senam irama yang dapat membantu membakar lemak dan kalori di dalam tubuh.

Mengurangi Stres

Hampir semua jenis olahraga mampu mengurangi stres, karena bisa mengalihkan sementara dari kejenuhan atau masalah yang ada.

Musik pengiring pada seman irama dapat membuat pikiran kita lebih rileks atau happy tergantung jenis musik yang digunakan.

Mengoptimalkan Fungsi Otak

Olahraga yang dilakukan secara rutin tentunya akan melancarkan peredaran darah, sehingga suplai darah dan oksigen ke otak terpenuhi dengan baik.

Senam irama memiliki musik pengiring yang mampu menurunkan kadar hormon kortisol yang menyebabkan stres. Tentunya fungsi otak akan lebih baik dan sehat tentunya.

Baca:
Gerakan Senam Otak
Perbedaan otak kiri dan kanan

Kuatkan Otot

Gerakan senam irama dapat menguatkan otot-otot pada tubuh, karena keseluruhan aktivitasnya memaksa kita untuk bergerak ke segala arah.

Jangan khawatir cedera, karena senam ini memiliki gerakan pendinginan/ pemanasan sebelum pada inti gerakan.

Melatih Kerja Jantung

Ragam gerakan pada senam ini memiliki tempo yang berbeda-beda, ada yang cepat ada pula yang lambat. Tempo yang cepat akan melatih jantung memompa darah lebih cepat, begitupun sebaliknya.

Baca:
Gambar Cover Buku Otot Manusia
Perbedaan otot polos dan otot lurik
Apa manfaat gaya otot dalam kehidupan sehari hari
Sebutkan 3 macam fungsi otot pada manusia

Itulah manfaat Senam Irama. Kamu bisa koreksi ataupun menambahkan pada kolom komentar ya.

Yuk tulis komentar kamu