in

Apa pengaruh media sosial terhadap perilaku remaja

Apa pengaruh media sosial terhadap perilaku remaja
Apa pengaruh media sosial terhadap perilaku remaja

Pengaruh media sosial terhadap perilaku remaja. Tidak hanya remaja, anak-anak mendapatkan dampak dari maraknya aplikasi sosial media yang masuk ke Indonesia.

Pengguna internet di Indonesia memang sangat pesat pertumbuhannya, menurut data APJII (Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia), penduduk Indonesia mencapai 262 juta jiwa, dimana sekitar 50% sudah terhubung ke internet.

Data tersebut menjelaskan bahwa memang negara kita sangat tergantung oleh internet, mulai untuk belanja kebutuhan atau penggunaan sosial media yang semakin marak.

Baca juga: Apa hakmu sebagai siswa di Sekolah

Pengaruh media sosial terhadap perilaku remaja

Nah teman, lalu apa pengaruhnya bagi anak dan remaja terhadap adanya sosial media ini? Aku akan coba membagi menjadi 2 saja, yaitu dampak positif dan dampak negatif, diantaranya:

Dampak negatif media sosial

  1. Tidak terbatasnya akses komunikasi dengan warga asing, tentunya akan membuka peluang masuknya budaya baru akibat adanya idola baru
  2. Anak akan malas melakukan hal-hal yang produktif, karena sudah asyik dengan gadget
  3. Mempercepat penyebaran hoax, umumnya anak yang masih usia sekolah akan lebih cepat terpancing dalam penyebaran berita bohong, karena malas dalam melakukan klarifikasi atau check sumber info tersebut

Baca juga: Dampak negatif dan positif manusia dengan alam

Dampak positif media sosial

  1. Membantu keluarga dalam mempromosikan produk yang bisa dijual online, karena umumnya para orang tua itu gaptek (gagap teknologi)
  2. Sebagai sarana berbagi yang produktif, sehingga dapat menghasilkan uang dari itu, misalnya saja youtube yang membayar penggunanya dari iklan yang disetujui
  3. Membuka peluang usaha baru, tanpa harus terikat dengan waktu, khususnya bagi pelajar dapat membantu perekonomian keluarga.

Tentunya masih banyak hal lain, tetapi pentingnya orang tua dalam mengontrol penggunaan gadget, khususnya pada penggunaan sosial media anak-anaknya. Cobalah untuk berteman agar bisa memantau apa yang dibagikan oleh mereka.

Baca juga:
Contoh cerpen pendidikan karakter
Mention artinya?

Mungkin itu saja penjelasan singkat dari pengaruh media sosial terhadap perilaku remaja. Mohon koreksi jika aku salah dan terima kasih sudah membaca penulis cilik dan membagikannya.

Contributor

Ditulis oleh Noviani

Content AuthorQuiz Maker

Yuk tulis komentar kamu