in

Apa perbedaan bersih dan suci?

Apa perbedaan bersih dan suci?
Apa perbedaan bersih dan suci?

Apa perbedaan bersih dan suci? Ini pelajaran Agama Islam, materi fikih, tingkat Sekolah Dasar (SD)/ SMP atau sederajat, tentang thaharah.

Thaharah pada hakikatnya adalah mensucikan diri dari najis atau dari hadats. Mengapa thaharah itu penting? Karena jika seseorang tidak melakukan thaharah sebelum beribadah, maka ibadahnya tidak diterima.

Seringkali antara suci dan bersih berada pada wilayah yang sama, dimana benda yang hukumnya suci secara fisik benda itu dapat dikatakan bersih, namun tidak selamanya benda yang suci itu bersih.

Apa perbedaan bersih dan suci?

Berdasarkan pengertian Fikih (Fiqh), suci dan bersih sangat berbeda, dimana:

  • Suci adalah terbebasnya suatu barang atau anggota badan manusia dari najis dan hadats.
  • Bersih adalah terbebasnya anggota badan manusia atau suatu barang dari kotoran.

Cara membersihkan kotoran sangatlah mudah, kita cukup mengelap, membasuh, menggosok, bahkan meniupkan dengan mulut agar kotorannya itu hilang. Baca: Apakah ada perbedaan kotor dan najis

Berbeda halnya dengan hadas dan najis, cara mensucinkannya tidak semudah membilas atau menggosok saja, ada hal lain yang perlu diperhatikan. Baca: Perbedaan antara hadas dan najis dan contohnya

Contoh ilustrasi perbandingan

Berikut ini contoh ilustrasi yang mungkin dapat memberikan pemahaman lebih kepada kamu tentang pembahasan ini:

Suci Tidak Bersih

Ketika berjalan kaki kamu tersandung dan terjatuh, ada tanah yang terkena pada anggota tubuh atau pakaianmu. Tanah memang kotor tetapi kita masih suci, cukup kita kibaskan atau meniupnya jika tanah itu kering.

Catatan: tidak ada kotoran hewan pada tanah itu.

Bersih Tidak Suci

Kamu tahu Anjing dan Babi kan? kedua hewan itu sebagaimana pun kamu membersihkannya, tetap saja tidak suci walau sudah bersih.

Suci dan Bersih

Anggap saja kamu bermain bersama teman di lapangan, kemudian secara tidak sengaja pakaian kamu terkena kotoran hewan. Kemudian kamu pulang, mencucinya sampai aroma, warna, dan rasa najisnya hilang dari pakaian, pakaian kamu sekarang sudah bersih dan juga suci.

Baca:
Sebutkan Syarat-syarat sah Shalat!
Syarat wajib shalat, apa saja ya?

Itulah penjelasan singkat dari soal: Apa perbedaan bersih dan suci? Koreksi dan bagikan jika ini bermanfaat.

Yuk tulis komentar kamu