in

Apa perbedaan Radio dan Televisi

perbedaan Radio dan Televisi
perbedaan Radio dan Televisi

Jelaskan perbedaan radio dan televisi. Ini pelajaran kelas 7, Sekolah Menengah Pertama (SMP), tentang alat komunikasi.

Siapakah penemu radio dan televisi? Radio ditemukan pertama kali oleh ilmuwan Italia bernama Guglielmo Marconi (1874-1937), sedangkan televisi ditemukan ilmuwan Skotlandia, bernama John Logie Baird (1888 – 1946)

Sobat penulis cilik, baik radio maupun televisi (TV) keduanya merupakan sarana komunikasi penyampai pesan melalui gelombang eletromagnetik.

Perbedaan Radio dan Televisi

Radio adalah teknologi untuk mengirimkan sinyal audio (suara) melalui gelombang elektromagnetik atau dengan cara modulasi dan radiasi elektromagnetik. [1]

Gelombang radio dapat merambat melalui udara ataupun ruang hampa udara (ruang angkasa) itu disebabkan karena gelombang radio tidak memerlukan media pengangkut.

TV atau Televisi adalah teknologi yang mampu menyampaikan komunikasi audio dan video (gambar bergerak) secara bersamaan. [2]

Tele (τῆλε) artinya jauh berasal dari bahasa Yunani, sedangkan visio (bahasa latin) artinya penglihatan, sehingga televisi dapat disebut sebagai media komunikasi visual jarak jauh.

Kesimpulan:

Radio hanya dapat menyampaikan pesan dalam bentuk suara saja. Sedangkan televisi dapat mengirimkan pesan dengan dua versi yaitu suara dan gambar (visual).

Baca:
Perbedaan media cetak dan media elektronik
Perbedaan internet dan intranet
Teknologi yang terinspirasi dari tumbuhan
Manfaat teknologi pangan

Jadi itulah Perbedaan Radio dan Televisi. Koreksi jika aku salah, terima kasih sudah membaca dan membagikannya.

Yuk tulis komentar kamu