in

Apa tujuan awal pembuatan batik? Jelaskan!

Apa tujuan awal pembuatan batik? Jelaskan!
Apa tujuan awal pembuatan batik? Jelaskan!

Apa tujuan awal pembuatan batik? Jelaskan! Ini pelajaran kelas 6, tingkat Sekolah Dasar (SD) atau sederajat, tema 4, halaman 39 – 40.

Setiap tanggal 2 Oktober, diperingati sebagai Hari Batik Nasional, karena pada tanggal 2 Oktober 2009, UNESCO menetapkan bahawa Batik Indonesia merupakan Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi.

Bapak Soeharto (Presiden ke-2) yang pertama kali memperkenalkan batik ke dunia internasional, kala itu beliau hadir pada acara Konferensi PBB (Perserikatan Bangsa-Bangsa) dengan mengenakan batik.

Apa tujuan awal pembuatan batik?

Sobat penulis cilik, kesenian batik dibuat khusus untuk lingkungan keraton, seperti untuk pakaian raja, keluarga, juga para pengikutnya. Bahkan ada perbedaan motif diantara masing-masingnya. Orang-orang kala itu menyebutnya pembeda kasta.

Dikarenakan banyak pegawai kerajaan yang tinggal di luar keraton, maka kesenian batik ini pun tanpa sadar dibawa keluar keraton, akibatnya banyak yang mencoba membuat di rumahnya masing-masing.

Seiring berjalannya waktu, masyarakat sekitar mulai menyukai, kemudian jadi mata pencaharian/ pekerjaan yang dilakukan oleh kaum wanita sambil mengisi waktu luang.

Batik pun kini menjadi pakaian umum milik rakyat atau warga biasa, bahkan jadi Contoh industri kecil yang mendorong perekonomian negara Indonesia sampai saat ini.

Baca:
Perbedaan Batik Tradisional dan Batik Modern
Karya seni rupa 2 dimensi
Peran dan fungsi keragaman budaya di Indonesia
Perbedaan Seni Rupa Murni dan Seni Rupa Terapan
Sebutkan jenis-jenis batik berdasarkan proses pembuatannya

Itulah kunci jawab soal: Apa tujuan awal pembuatan batik? Jelaskan! Terima kasih sudah membaca dan membagikannya. Koreksi ya!

Yuk tulis komentar kamu