in ,

Soal: Apa yang dimaksud dengan adat istiadat

Soal: Apa yang dimaksud dengan adat istiadat
Soal: Apa yang dimaksud dengan adat istiadat

Apa yang dimaksud dengan adat istiadat? Ragam budaya dan suku di Indonesia adalah keunikan yang sudah diakui oleh bangsa lain.

Mulai dari makanan, pakaian, sampai pada arsitektur bangunan, menjadi daya tarik bagi wisatawan mancanegara untuk berkunjung ke Indonesia.

Tanah air Indonesia yang berbentuk kepulauan juga menambah daftar bukti bahwa negara kita layak menjadi tujuan wisata.

Baca juga: 10 Contoh Tanggung jawab sebagai warga masyarakat

Apa yang dimaksud dengan adat istiadat

Indonesia juga terkenal dengan keramahtamahan dan adat istiadat yang masih kental di lingkungan masyarakat, khususnya di daerah.

Adat Istiadat adalah tata aturan yang bersifat mengikat kepada penganutnya, membentuk suatu sistem yang dijunjung tinggi secara turun temurun.

Menurut wikipedia, Adat adalah suatu gagasan kebudayaan dimana di dalamnya mengandung nilai-nilai (norma, kebiasaan, kebudayaan, kelembagaan, dan hukum adat).

Tujuan adat istiadat adalah mengatur secara internal adat agar warga atau penganutnya tidak menyimpang dan menyalahi aturan.

Seorang yang bernama Prof. Mr. Cornelis van Vollenhoven yang dijuluki Bapak Hukum Adat, sekaligus antropolog Belanda yang terkenal dengan karyanya Hukum Adat di Hindia Belanda, membagi 19 lingkaran hukum adat di Indonesia.

Beliau menjelaskan bahwa satu daerah yang secara garis besar, corak, dan sifat hukum adatnya seragam disebutnya sebagai (rechtskring). Setiap lingkungan hukum adat dibagi lagi ke dalam beberapa bagian Kukuban Hukum (Rechtsgouw).

Baca juga: Perilaku mementingkan kerabat di lingkungan Pemerintahan, disebut?

Contoh Adat dan Hukum

  1. Contoh adat istiadat adalah upacara ngaben atau ritual pembakaran mayat orang yang sudah meninggal di Bali.
  2. Contoh tentang hukum adat istiadat di Bali adalah seorang anak laki-laki dapat menikmati seluruh harta orang tuanya, karena dianggap memiliki tanggung jawab yang besar, sedangkan anak perempuan tidak. Tetapi ini sudah diperbaharui pada tahun 2010 (No. 01/KEP/PSM-3/MDP Bali/X/2010 tentang pembagian waris bagi wanita).

Baca juga: Apakah perbedaan sanksi kebiasaan dan adat istiadat?

Itulah penjelasan singkat tentang apa yang dimaksud dengan adat istiadat? semoga bermanfaat, mohon koreksi, karena ini hanya penjelasan sederhana. Terima kasih sudah share artikel ini.

Comments

Yuk tulis komentar kamu

Loading…

0

Komentar FB

0