in

Apa yang dimaksud dengan reklame?

Apa yang dimaksud dengan reklame
Apa yang dimaksud dengan reklame

Apa yang dimaksud dengan reklame? Ini pelajaran Seni rupa, untuk tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) atau sederajat.

Dalam bahasa latin reklame (re-clamare) yang artinya seruan berulang-ulang. Dimana arti ‘re’ adalah berulang dan ‘clamare‘ adalah seruan. Isi dari reklame biasanya gambar ilustrasi, kalimat persuasif, slogan, nomor telepon, alamat website, dll.

Kecenderungan yang terjadi di Indonesia, bahwa reklame merupakan media ikan yang terpampang besar di luar ruangan (outdoor), sedangkan iklan biasa menjelaskan media iklan yang dipajang di dalam ruangan (indoor).

Apa yang dimaksud dengan reklame?

Sobat penulis cilik, apakah kamu tahu bahwa iklan outdoor merupakan jenis iklan yang paling tua di dunia?

Iklan ini sudah ada sejak dahulu, karena paling mudah untuk diaplikasikan, selain itu menyebarkan Brosur dan Pamflet memerlukan effort yang lebih.

Secara umum pengertian reklame adalah media promosi yang biasanya berukuran besar, ditempatkan pada area yang padat, biasanya persimpangan jalan raya atau jalan tol, berisi informasi, gagasan/ ide, barang, jasa, dll.

Baca:
Tuliskan Contoh Kalimat Persuasif dalam Iklan
Apa yang dimaksud dengan iklan
Apa saja unsur unsur iklan slogan dan poster

Pengertian Reklame Berdasarkan Peraturan Pemerintah

Di DKI Jakarta, berdasarkan Peraturan Daerah (PERDA) NO 09/2004 tentang penyelenggaraan reklame, Pasal 1, menjelaskan bahwa:

Reklame adalah benda, merek dagang, lambang, alat perbuatan atau media yang menurut bentuk, susunan dan/atau corak ragamnya untuk tujuan komersil atau non-komersil dipergunakan untuk memperkenalkan, menganjurkan, menciptakan citra atau memujikan suatu barang, jasa ataupun untuk menarik perhatian umum kepada suatu barang, jasa, seseorang atau badan yang diselenggarakan/ ditempatkan atau dapat dilihat, dibaca dan/atau didengar dari suatu tempat oleh umum kecuali yang dilakukan oleh Pemerintah.

Bangunan Reklame adalah reklame yang terdiri dari bidang reklame berikut komponen struktur yang memikulnya dan segala sesuatu yang terinstalasi pada bangunan tersebut.

Reklame Papan/ Billboard adalah reklame yang terbuat dari papan kayu, calli brete, vinyle termasuk seng atau bahan lain yang sejenis dipasang pada bangunan/ konstruksi reklame yang secara khusus dibangun dan diperuntukkan bagi pemasangan dan penayangan reklame.

Buatlah Iklan Sebuah Produk Sekolah
Buatlah Iklan Sebuah Produk Sekolah

Reklame Megatron/Videotron/Large Electronic Display (LED) adalah reklame yang menggunakan layar monitor/ video besar dengan teknologi yang menggunakan teknologi LED yang menyajikan program reklame atau visual iklan yang aktif/ hidup dan bersinar baik dalam bentuk video, gambar danjatau tulisan berwarna yang dapat berubah-ubah, terprogram dan difungsikan dengan tenaga listrik dan/atau sumber tenaga lainnya yang sejenis, baik yang dipasang pada reklame papan/billboard maupun yang ditempelkan pada bangunan/gedung.

Reklame Kain adalah reklame yang diselenggarakan dengan menggunakan bahan kain, termasuk kertas, plastik, karet atau bahan lain yang sejenis dengan itu.

Reklame Melekat (Stiker) adalah reklame yang berbentuk lembaran lepas, diselenggarakan dengan cara disebarkan, diberikan atau dapat diminta untuk ditempelkan, dilekatkan, dipasang, digantungkan pada suatu benda dengan ketentuan luasnya tidak lebih dari 200 cm2 (dua ratus centimeter persegi) per lembar.

Reklame Selebaran adalah reklame yang berbentuk lembaran lepas diselenggarakan dengan cara disebarkan, diberikan atau dapat diminta dengan ketentuan tidak untuk ditempel, dllekatkan, dlpasang, digantungkan pada suatu benda lain.

Reklame Berjalan/Kendaraan adalah reklame yang ditempatkan atau dltempelkan pada kendaraan yang diselenggarakan dengan mempergunakan kendaraan atau dengan cara dibawa oleh orang.

Reklame Udara adalah reklame yang diselenggarakan di udara dengan menggunakan gas, laser, pesawat atau alat lain yang sejenis.

Reklame Suara adalah reklame yang diselenggarakan dengan menggunakan kata-kata yang diucapkan atau dengan suara yang ditimbulkan dari atau oleh perantaraan alat.

Reklame Slide atau reklame film adalah reklame yang diselenggarakan dengan cara menggunakan klise berupa kaca atau film, ataupun bahan-bahan yang sejenis, sebagai alat untuk diproyeksikan dan/atau dipancarkan pada layar atau benda lain di dalam ruangan.

Reklame Peragaan adalah reklame yang diselenggarakan dengan cara memperagakan suatu barang dengan atau tanpa disertai suara.

Reklame Apung adalah reklame yang diselenggarakan dengan cara terapung di permukaan air.

Reklame Graffiti adalah reklame yang diselenggarakan dalam bentuk coretan-coretan yang berunsur seni (art) dengan menggunakan komposisi warna, garis, bentuk untuk menginformasikan atau mempromosikan suatu produk barang atau jasa yang diselenggarakan pada dinding atau bidang bangunan.

Reklame Gapura adalah suatu bangunan yang melintang pada suatu ruas jalan tertentu di dalam sarana dan prasarana kota yang bangunannya dimaksudkan untuk menginformasikan lokasi kawasan wisata kuliner dan sebagian dipakai untuk penyelenggaraan reklame.

Silakan download peraturannya melalui link di bawah ini:

Download “Perda No 09/2004” PERDA_NO_9_TAHUN_2014.pdf – Downloaded 0 times – 7 MB

Jenis Reklame dan Contohnya

Berdasarkan Tujuan Pengadaan terdapat dua jenis reklame, yaitu

  1. Reklame komersial adalah jenis reklame untuk kepentingan bisnis dengan tujuan memperoleh keuntungan yang lebih besar.

Contoh Reklame komersial: spanduk perumahan, poster produk elektronik, baliho konser band, dll.

  1. Reklame Non-Komersial adalah jenis reklame untuk kepentingan umum, biasanya berisi imbauan, informasi layanan masyarakat, dan lainnya.

Contoh Reklame Non-Komersial: reklame imbauan taat pajak, reklame ajakan donor darah, reklame ajakan tertib lalu lintas, dll

Baca:
Contoh Iklan Layanan Masyarakat dan Gambar dalam Bahasa Indonesia
Contoh Iklan Layanan Masyarakat dalam Bahasa Sunda
Contoh gambar poster lingkungan sekolah
Buatlah gambar poster globalisasi di sekitarku

Jadi kesimpulannya, reklame tidak hanya memiliki ukuran yang besar saja, begitu juga tidak harus berada di luar ruangan.

Yuk tulis komentar kamu