in

Apa yang kamu ketahui tentang arus listrik?

Apa yang kamu ketahui tentang arus listrik?
Apa yang kamu ketahui tentang arus listrik?

Apa yang kamu ketahui tentang arus listrik? Ini pelajaran kelas 6, Sekolah Dasar (SD)/ Madrasah Ibtidaiyah (MI), Tema 1, Pembelajaran 1, Halaman 3.

Ada banyak nama ilmuwan yang mampu mengubah dunia dengan temuannya. Ilmuwan yang paling berjasa dengan temuan yang berhubungan dengan listrik adalah Nikola Tesla, Michael Faraday, Thomas Alva Edison, dll.

Listrik adalah suatu energi yang dihasilkan akibat pergerakan elektron yang terjadi akibat proses fisika. Berdasarkan keadaan muatannya listrik dapat dibagi menjadi 2, yaitu listrik statis dan listrik dinamis.

Apa yang kamu ketahui tentang arus listrik?

Arus listrik adalah banyaknya elektron yang mengalir pada suatu penghantar pada rangkaian tertutup. Arus listrik dapat mengalir pada sirkuit listrik, yang terbentuk akibat adanya sumber arus/ tegangan, kabel/ penghantar, dan beban.

Ada dua jenis rangkaian listrik, yaitu seri dan paralel, kamu bisa baca penjelasannya pada artikel perbedaan rangkaian listrik seri dan paralel.

Sobat penulis cilik, kita sudah sangat ketergantungan terhadap adanya energi listrik ini, tentunya banyak masalah yang muncul bila tidak ada listrik.

Rumus Arus Listrik

Satuan arus listrik adalah Ampere (A) dengan simbol (I). Kita dapat menghitung kuat arus listrik dengan rumus:

I = Q/t

Ketarangan:

I : Kuat arus listrik (Ampere)
Q : Muatan listrik (Coulomb)
t : Waktu (sekon/ detik)

Kesimpulan

Apa yang kamu ketahui tentang arus listrik?
Apa yang kamu ketahui tentang arus listrik?

Secara singkat dapat aku simpulkan bahwa arus listrik adalah banyaknya jumlah muatan yang mengalir melalui suatu sirkuit listrik per satuan waktu.

Jadi dari kamu bisa bayangkan ketika kamu ngecas hp yang lowbat, ada banyak elektron negatif yang berkeliaran atau mengalir mengisi daya baterai.

Baca:
Besaran Pokok dan Turunan
Buat Laporan Percobaan Kandungan Listrik Pada Buah
Perbedaan prabayar dan pascabayar
Contoh Energi Alternatif
Contoh boros energi dan hemat energi
Apa saja komponen-komponen yang menyusun sebuah rangkaian listrik?

Jadi itulah jawab dari soal: Apa yang kamu ketahui tentang arus listrik? Koreksi jika aku salah dan bagikan jika ini bermanfaat.

Yuk tulis komentar kamu