in

NgakakNgakak SenangSenang KerenKeren

Apa yang kamu ketahui tentang Virus Corona SARS-CoV-2?

Apa yang kamu ketahui tentang Virus Corona SARS-CoV-2?
Apa yang kamu ketahui tentang Virus Corona SARS-CoV-2?

Apa yang kamu ketahui tentang virus corona atau coronavirus? Virus ini pertama kali ditemukan menyebar di pasar ikan yang berada di kota Wuhan, Tiongkok.

Virus corona Severe Acute Respiratory Syndrome Coronavirus 2 (SARS-CoV-2), berdasarkan hasil penelitian dari Tiongkok, virus ini menyebar dari hewan kepada manusia.

Virus Corona SARS-CoV-2 merupakan virus yang cepat menyebar namun dapat dikatakan memiliki fatalitas (kematian) yang rendah, jika segera ditangani dengan baik.

Apa itu COVID-19?

COVID-19 atau singkatan dari Coronavirus Disease 2019 adalah penyakit yang disebabkan oleh Virus Corona SARS-CoV-2 dengan gejala yang terlihat seperti:

  1. Batuk
  2. Flu
  3. Demam
  4. Serta sesak nafas
  5. dll

Bentuk virus corona diperbesar

Coronavirus berasal dari bahasa Latin yaitu corona, jika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia artinya mahkota atau lingkaran cahaya. Dikutip dari wikipedia, berikut ini gambar virus corona jika dilihat menggunakan mikroskop elektron:

gambar virus corona
Gambar bentuk virus corona diperbesar

Mau ukuran gambar yang lebih besar? silakan download melalui link di bawah ini:

Download “Gambar Virus HD” SARS-CoV_with_corona.jpg – Downloaded 14 times – 3 MB

Bagaimana cara virus ini menyebar?

WHO atau World Health Organization menjelaskan bahwa virus Corona SARS-CoV-2 dapat menyebar melalui droplet atau tetesan cairan yang dikeluarkan penderita, seperti melalui cairan yang keluar ketika bersin.

Itulah alasannya setiap orang saat ini diwajibkan untuk menutup mulut serta hidung ketika bersin serta batuk jika tidak menggunakan masker.

Bagaimana cara mencegah virus corona?

WHO merekomendasikan pencegahan virus corona ini dengan cara:

  • Rajin mencuci tangan dengan sabun atau antiseptik
  • Jika belum mencuci tangan, jangan menyentuh:
    • hidung
    • mulut
    • mata

Selain itu, untuk mencegah penyebarannya di Indonesia, Pemerintah juga meminta para pelajar dan mahasiswa belajar di rumah selama kurang lebih 2-3 pekan, begitu juga dengan para pegawai negeri (khususnya) untuk melaksanakan work from home (bekerja di rumah).

Tujuannya adalah untuk mengurangi aktivitas di luar rumah dan interaksi dengan orang lain, sehingga jumlah tatap muka secara langsung dapat dikurangi.

Nah, jika karena sesuatu dan lain hal kita harus keluar rumah, maka jaga jarak aman dengan orang lain minimal 1,5 meter. Tetap jaga kondisi badan dengan makan-makanan yang sehat, cukup istirahat, dan berdoa agar terhindar dari penyakit berbahaya.

Baca:
Perbedaan DNA dan RNA
Perbedaan pernapasan internal dan eksternal
Perbedaan sifat dan karakter
Perbedaan fosil dan replika

Jadi itulah jawaban singkat dari soal: Apa yang kamu ketahui tentang Virus Corona? Koreksi jika aku salah dan bagikan jika ini bermanfaat.

Yuk tulis komentar kamu