in

Apakah ada perbedaan kotor dan najis, jelaskan!

Apakah ada perbedaan kotor dan najis jelaskan
Apakah ada perbedaan kotor dan najis jelaskan

Apakah ada perbedaan kotor dan najis, jelaskan! Ini pelajaran kelas 7, Pendidikan Agama Islam (PAI), tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) atau sederajat.

Bersuci atau taharah memang wajib dilakukan seorang muslim, khususnya jika ia akan melakukan Ibadah mahdhah, seperti sholat. Baca: Mengapa taharah itu penting?

Ibadah mahdhah adalah suatu aktivitas ibadah yang dilakukan sebagaimana aturan atau syarat dan rukun yang sudah ditentukan.

Apakah ada perbedaan kotor dan najis, jelaskan!

Taharah itu kegiatan membersihkan diri dari najis. Nah Sobat penulis cilik, apakah najis sama dengan kotor?

Kotor

Kotor artinya sesuatu yang menyebabkan kita tidak bersih, namun tidak membatalkan atau menghalangi kita untuk sholat, seperti: terkena noda, tanah (lumpur), dll.

Cara membersihkan kotor: Jika pakaian atau anggota tubuh yang terkena kotor sedikit, maka cukup diusap atau digibas menggunakan tangan, lebih bagus dibilas menggunakan air. Jika banyak terkena pakaian, maka ganti pakaiannya.

Najis

Najis artinya kotor yang menyebabkan kita tidak boleh untuk sholat sebelum membersihkannya, seperti: terkena air liur anjing, terkena percikan air kencing, dll.

Cara membersihkan najis ada aturan tertentu sesuai syariat agama, namun jika terkena pakaian harus diganti dengan yang berish.

Kesimpulan: Jelas ada perbedaan atara najis dan kotor, kotor bukan najis, tetapi najis sudah pasti kotor.

Baca:
Jelaskan perbedaan antara hadas dan najis dan contohnya
Mangapa thaharah itu penting?
Syarat sah sholat

Terima kasih sudah membaca dan membagikan jawaban dari soal ini: Apakah ada perbedaan kotor dan najis, jelaskan! Koreksi jika aku salah ya!

Yuk tulis komentar kamu