in

TakutTakut KagetKaget KerenKeren SedihSedih SenangSenang NgakakNgakak

Asal Usul Lagu Nina Bobo

Asal Usul Lagu Nina Bobo
Asal Usul Lagu Nina Bobo

Asal Usul Lagu Nina Bobo. Kalian tau tidak, sebenarnya asal usul lagu nina bobo itu dari mana ya? Siapa penciptanya? ternyata banyak sekali loh berita yang aku temukan di google tentang usul lagu nina bobo tersebut. Nah, sekarang aku ingin menceritakan ulang  yang aku temukan di google.

Lagu pengantar tidur Nina Bobo ini berawal dari suatu keluarga kecil yang mempunyai seorang anak wanita bernama Helenina yang merupakan anak blasteran Belanda dan Jawa. Papahnya kelahiran Belanda yang bernama Van Rodjnik, Ibunya wanita Jawa yang cantik bernama Mustika.

Helenina atau yang sering di panggil Nina, mempunyai masalah susah tidur. Jadi Ibunya selalu bersenandung atau bernyanyi setiap malam untuk menidurkan Nina, dari situ Nina jadi ketergantungan dengan nyanyian sebelum tidur dari ibunya.

Ayahnya mendengar lagu itu tidak sama setiap Ibunya menyanyikannya. Ayahnya memberikan saran kepada sang Ibu untuk membuat liriknya agar gampang dan mudah diingat. Lirik lagunya sama dengan yang kita ketahui saat ini, yaitu ….

“Nina bobo ooh nina boo…. kalau tidak bobo digigit nyamuk……”

Setiap malam ibunya selalu menyanyikan lagu itu, sampai pada suatu saat Nina sakit yang menyebabkan meninggal dunia. Nina wafat pada umurnya yang masih muda, sekitar 6 tahun. serta meninggalkan rasa sedih yang mendalam kepada kedua orang tuanya.

Pada suatu malam, Ayahnya Nina temukan Mustika sang Ibu yang sedang menyanyikan lagu pengantar tidur yang biasa Dia nyanyikan untuk Nina. Mustika bercerita bila Dia sering mendengar Nina menangis minta dinyanyikan lagu Nina Bobo itu. Jadi setiap malam meskipun anaknya telah meninggalkan dunia ini, sang ibu selalu menyanyikan lagu itu selalu setiap malam, sampai pada akhirnya Ibunya meninggal dunia.

Sesudah Ibunya meninggal dunia, akhirnya giliran Van Rodjnik yang dihantui oleh anaknya sendiri yang meminta dinyanyikan lagu pengantar tidur….

“Nina bobo ooh nina boo…. kalau tidak bobo digigit nyamuk……”

Ayahnya selalu menyanyikan lagu itu setiap malam. Hal semacam ini yang membuat pikiran Van Rodjnik jadi terganggu serta dan membuat Dia sakit-sakitan. Setiap malam harus menyanyikan lagu “Nina Bobo” berkali-kali tanpa ada yang mendengarkannya. Sampai pada akhirnya Dia meninggal dunia.

Konon katanya jika kita atau siapa saja yang menyanyikan lagu “Nina Bobo” untuk menidurkan seseorang, arwah Nina datang dan membantu untuk membuat anak-anak yang mendengarkannya jadi tidur terlelap.

Nah teman-teman demikian ceritaku Asal Usul Lagu Nina Bobo, aku ucapkan terima kasih telah membaca ya.. 🙂

3 Komentar

Balas komentar

Yuk tulis komentar kamu