in

SenangSenang KagetKaget KerenKeren

Soal: bagaimana cara melestarikan karya seni daerah?

bagaimana cara melestarikan karya seni daerah
bagaimana cara melestarikan karya seni daerah

Bagaimana cara melestarikan karya seni daerah. Seni rupa merupakan bagian dari karya seni yang dapat kita nikmati dengan mata dan dapat dirasakan dengan cara diraba.

Ada dua jenis karya seni, contoh karya seni rupa 2 dimensi, misalnya lukisan, dimana dengan keindahannya mampu memanjakan mata kita dengan keindahan perpaduan warna di dalamnya

Contoh karya seni rupa 3 dimensi adalah patung, selain dapat dilihat juga bentuknya yang unik dan menarik dapat mempercantik bagian dari rumah kita khususnya bagian desain interior rumah.

Baca juga: Contoh kalimat petunjuk

Bagaimana cara melestarikan karya seni daerah (kesenian, seni lukis, dll)

Dalam upaya melestarikan karya seni, baik di daerah maupun di perkotaan, pada dasarnya sama, yaitu kita harus mengenal atau mengetahui jenisnya.

Ada pepatah yang mengatakan, “tak kenal, maka tak sayang” ini sudah jelas, maka mungkin kita bisa melestarikan jika kita tidak tahu. Lalu, bagaimana cara kita melestarikan seni tradisional milik kita sendiri?

Berikut ini cara melestarikan karya seni daerah, versi penulis cilik, diantaranya:

Mempelajari karya seni

Dengan mempelajari seni rupa di daerah kita sendiri, kita bisa tahu maksud dan artinya, karena bukan tanpa alasan karya itu terbentuk. Selalu ada sejarah yang terkandung dalam setiap karya.

Mulainya untuk bergabung dengan komunitas, mencari tahu apa yang bisa kamu bantu atau kembangkan dalam upaya melestarikannya.

Membuat karya seni atau seni rupa

Setelah tahu, langkah selanjutnya adalah dengan coba untuk membuatnya, tentunya ini perlu proses, agar kamu dapat mahir dan terlatih. Tetapi akan tiba masanya kamu jadi pandai jika belajar.

Dengan mengkobinasikan beberbagai ide atau masukkan dari orang yang melihat, mungkin kamu bisa membuat sesuatu yang modern dengan tanpa merubah arti dan makna dalam karyamu itu.

Baca: Teknik seni rupa 2 dimensi dan 3 dimensi

Mempublikasikan karya seni

Cara ini, dapat dikatakan sebagai pamungkas, karena daerah memiliki lingkup yang kecil. Memancing daya tarik orang luar daerah lah yang penting.

Kamu bisa posting di sosial media, dengan gambar/ video serta caption singkat dan menarik. Efek yang timbul tentunya bukan hanya dari sisi karya seni yang mendunia, melainkan menarik wisatawan asing berkunjung ke kota kita.

Ada banyak yang bisa kita angkat, misalnya melestarikan kesenian daerah, melestarikan seni lukis tradisional, dll. Jika bukan kita sebagai generasi muda, siapa lagi?

Membuat kegiatan pameran

Manfaat pameran karya seni adalah wadah untuk para seniman dalam berkarya, jika sudah ada sarananya tentunya akan banyak seniman yang bersemangat, bakhan mencetak seniman baru.

Ekonomi di daerah juga akan beranjak naik, khususnya para pengrajin atau seniman, setidaknya membuka lapangan kerja baru, membantu Pemerintah dalam pelestarian seni dan budaya.

Baca juga:
Pengertian pameran karya seni rupa
Perbedaan desentralisasi dan dekonsentrasi

Nah, itulah penjelasan dari kunci jawaban soal seni untuk anak SD dan SMP, tentang bagaimana cara melestarikan karya seni daerah. Mohon koreksi jika aku salah dan terima kasih sudah membagikannya.

Yuk tulis komentar kamu