in ,

Bagaimana cara mengatasi perbedaan pendapat, di rumah, di sekolah, di masyarakat

Bagaimana cara mengatasi perbedaan pendapat, di rumah, di sekolah, di masyarakat
Bagaimana cara mengatasi perbedaan pendapat, di rumah, di sekolah, di masyarakat

Bagaimana cara mengatasi perbedaan pendapat? Manusia diciptakan Tuhan dengan akan dan pikiran, itu juga yang membedakan manusia dengan makhluk lainnya.

Berbeda pendapat adalah hal yang biasa, karena setiap orang memiliki pandangan masing-masing dalam melihat masalah atau persoalan yang dilihatnya.

Setiap manusia umumnya membandingkan masalah dengan pengalaman yang pernah mereka alami, maka dari itu pendapat selalu berbeda. Negara kita sendiri adalah negara demokrasi, dimana perbedaan pendapat diperbolehkan di negara ini.

Baca juga: Jelaskan Tata Cara Bermusyawarah Dalam Islam

Bagaimana cara mengatasi perbedaan pendapat

Perbedaan pendapat dapat kita temunia dimana saja, di sekolah, di rumah, di masyarakat, di tempat kerja, dll. cara menyikapi perbedaan pendapat dalam Islam islam adalah dengan lapang dada, atau menerima suara terbanyak dalam musyawarah.

Baca juga: Apakah Nabi mempunyai sifat sebagaimana manusia, jelaskan pendapatmu?

Kita tidak bisa memaksakan kehendak kita dan menyalahkan pendapat orang lain, maka dari itu musyawarah hadir untuk mengatasi perbedaan pendapat yang tidak diatasi dengan bijak.

Berikut ini adalah cara apa yang dilakukan untuk mengatasi perbedaan pendapat, diantaranya:

  1. Jangan terpancing emosi, tetap bersikap sopan dan santun, karena pendapat yang berbeda umumnya memancing emosi.
  2. Mendengarkan dengan baik, jangan memancing emosi orang lain dengan berkata dengan suara lantang atau keras
  3. Tetap berwibawa, postur tubuh kita yang menunduk atau menampilkan muka yang murung hanya akan membuat lawan bicara terus menyerang.
  4. Selalu tersenyum, tunjukkan bahwa kamu mau mendengarkan bukan mau menyangkal, walau tujuan kamu adalah membenarkan pendapat yang salah
  5. Jangan terlalu mendominasi, merasa pendapatmu paling benar, hanya akan membuat salah tingkah, bisa-bisa salah bicara.
  6. Menerima keputusan, masalah tidak selamanya yang benar itu menang, tetapi mengambil titik temu untuk memecahkan masalah lebih baik, dari pada timbul masalah baru yang tidak berujung pada penyelesaian

Baca juga: Bagaimana pendapatmu apabila ada seorang teman berbohong?

Nah teman, itulah penjelasan penulis cilik dari soal: Bagaimana cara mengatasi perbedaan pendapat. Mohon koreksi jika aku salah, terima kasih sudah membaca dan membagikannya.

Advocate

Ditulis oleh Anak Pesantren

I Love Writer. Cerita dari anak pesantren yang sedang belajar jadi penulis

Years Of MembershipContent Author

Yuk tulis komentar kamu