in ,

Bagaimana pendapatmu apabila ada seorang teman berbohong?

Bagaimana pendapatmu apabila ada seorang teman berbohong?
Bagaimana pendapatmu apabila ada seorang teman berbohong?

Bagaimana pendapatmu apabila ada seorang teman berbohong kepadamu atau kepada orang lain? dan apa perasaanmu ketika kamu dibohongi?

Allah SWT melalui Alquran yang menjadi wahyu para Nabi dan Rasul, melarang kita untuk berbohong, hukumnya adalah berdosa, karena berbohong akan merugikan orang lain.

Daftar Isi

Bagaimana pendapatmu apabila ada seorang teman berbohong?

Bohong adalah tindakan untuk menutupi kesalahan atau kejahatan, bahkan dengan berbohong, yang melakukannya akan melakukan kebohongan baru untuk menutupi kelsahannya itu, terus dan terus dilakukan sampai dia merasa aman.

Baca juga : Ketua kelas

Contoh Cerita Berbohong dan Menutupi Kebohongan

Aku Dan Kebohonganku Membuat Ibuku Menangis
Aku Dan Kebohonganku Membuat Ibuku Menangis

Karena malu dan takut di ejek teman-temannya, Dimas mentraktir teman-temannya di kantin, memang pada waktu itu dia memiliki uang untuk membayar uang semester sekolah. 

Keesokan harinya, temannya memintanya untuk traktir lagi, karena tidak mempunyai uang lagi dia berkata bohong, “Aduh uang kau terjatuh.”

Beberapa hari berikutnya dia tidak memiliki uang jajan, karena harus dia tabung untuk mengganti uang semester yang terpakai sebagian, makanya dia harus berhemat, “Kenapa kamu berjalan kaki, tidak naik angkot, kan rumah kamu lumayan jauh dari Sekolah?” tanya teman-temanya, 

“Gak kok, aku hanya ingin olahraga saja, biar sehat,” padahal waktu itu adalah waktu yang sangat tidak tepat untuk olahraga, karena matahari sedang terik-teriknya.

Dia terus menutupi kebohongan sampai uang semesternya tercukupi untuk dibayarkan.

Nah Teman! jika kalian jujur tidak memiliki uang, teman juga tidak akan menghina kita, atau mungkin dia yang akan mentraktir kita.

Selalu jujur, karena dengan kejujuran akan membawa kita pada jalan yang lurus dan di ridhoi Allah SWT.

Baca juga : Contoh Hak dan Kewajiban dan Bukan Hak 

Sikap Kita Jika Teman Berbohong

Orang yang berbohong selalu memiliki alasannya, untuk itu, jangan lantas teman berbohong kamu hina dan gembar gemborkan kepada orang atau teman lain di sekolah, karena itu akan membuatnya malu.

Cari tahu alasannya, siapa tahu memang ada alasan lain yang membuatnya terpasaka untuk berbohong, tetapi kalian dapat menasehati bahwa itu tidak baik dan jangan dilakukan lagi.

Contoh Cerita Jujur Di Sekolah

Cerita kejujuran dalam kehidupan sehari-hari terbaru
Cerita kejujuran dalam kehidupan sehari-hari terbaru

Jujur adalah tindakan yang mungkin akan membuat malu, tetapi akan membuat orang lain jadi simpati atas apa yang kita lakukan, bahkan menjadi kepercayaan teman-teman di sekolah.

Beberapa kali Dimas menemukan uang Rp. 10.000,- di kelas, dia mengambilnya kemudian setelah teman-temannya masuk, dia menginformasikan berita itu di depan kelas, sehingga anak yang kehilangan itu merasa berterima kasih, karena itu adalah uang untuk ongkos pulangnya.

Semenjak saat itu dia diangkat menjadi bendahara kelas yang baik dan dihormati banyak teman di kelas. Baca juga cara menjadi bendahara kelas yang baik.

Nah sekarang sudah lakukan, apa yang harus kita lakukan. Terima kasih sudah membaca artikel bagaimana pendapatmu apabila ada seorang teman berbohong? semoga bermanfaat.

Ditulis oleh Dimas A

Cita-citaku ingin menjadi seorang Dokter yang bisa merawat dan mengobati orang yang tidak mampu, menulis hanya hobi sesaat untukku... :)

Years Of MembershipStory MakerContent Author

Yuk tulis komentar kamu

Alamat email kamu tidak akan dipublikasikan. Yang memiliki tanda (*) harus diisi