in

TakutTakut SedihSedih SenangSenang KagetKaget KerenKeren

Bagaimana perbedaan peran TNI dan POLRI menurut tap MPR Nomor VII/MPR/2000

Bagaimana perbedaan peran TNI dan POLRI menurut tap MPR
Bagaimana perbedaan peran TNI dan POLRI menurut tap MPR

Bagaimana perbedaan peran TNI dan POLRI menurut tap MPR Nomor VII/MPR/2000. Setiap negara memiliki satuan keamanan masing-masing, termasuk Indonesia.

Tugas mereka adalah menjaga keamanan yang ada di darat, laut, dan udara wilayah Indonesia. Ini adalah kunci jawaban dari tugas sekolah PPKn, SMP. Sebelum membahas perbedaannya, kita ketahui dahulu pengertiannya.

Apa itu TNI? TNI adalah akronim dari Tentara Nasional Indonesia merupakan alat perang negara atau angkatan perang negara Indonesia. TNI dipimpin oleh Panglima TNI, yang saat ini menjabat adalah Marsekal TNI Hadi Tjahjanto.

Baca juga: Apa keterkaitan antara warga digital dan kewarganegaraan digital

Apa itu POLRI? POLRI adalah akronim dari Kepolisian Negara Republik Indonesia, dimana tugas utamanya adalah menegakkan hukum untuk memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat.

Perbedaan peran TNI dan POLRI menurut Tap MPR Nomor VII/MPR/2000

Jika dilihat dari peran masing-masing yang tertuang dalam Tap MPR Nomor VII/MPR/2000, adalah:

Peran TNI dan POLRI menurut Tap MPR Nomor VII/MPR/2000

Download “Perbedaan TNI dan POLRI” peran-TNI-dan-POLRI-menurut-Tap-MPR-Nomor-VIIMPR2000.jpg – Downloaded 51 times – 47 KB

Baca juga: Contoh soal pilihan ganda tentang proklamasi

Jadi dapat disimpulkan tentang bagaimana perbedaan peran TNI dan POLRI menurut tap MPR Nomor VII/MPR/2000, adalah:

  1. Tugas Porli adalah sebagai penegak hukum yang sifatnya di dalam lingkungan negara, sedangkan TNI mengatasi serangan bersenjata dari lingkungan luar negara atau perbatasan
  2. Polri melakukan tindakan menangkap dan melakukan pemeriksaan, sedangkan TNI adalah penindak setiap bentuk ancaman militer
  3. Polri melarang setiap orang memasuki wilayah tanpa izin, sedangkan TNI melakkan pemulihan terhadap segala jenis ancaman.

Nah pembaca penulis cilik, walau sudah dipisahkan antara peran TNI dan POLRI, tetapi untuk menjaga keamanan dan ketertiban negara tercinta kita kedua institusi ini harus terus bekerjasama, sebagaimana tertuang dalam tap MPR Nomor VI/MPR/2000, Pasal 2 ayat (3).

Baca juga:
Apa yang dimaksud dengan bela negara
Tantangan dalam menjaga keutuhan NKRI

Semoga artikel ini bisa menjawab tugas sekolah kamu, mohon koreksi jika aku salah dalam menyampaikannya. Terima kasih sudah membaca dan membagikan artikel ini.

Yuk tulis komentar kamu