in

NgakakNgakak TakutTakut SedihSedih SenangSenang KagetKaget KerenKeren

Bahasa sunda selamat pagi, apa ya?

Bahasa sunda selamat pagi
Bahasa sunda selamat pagi

Bahasa sunda Selamat Pagi adalah Wilujeng Enjing, lalu apasaja greeting atau salam dalam bahasa sunda? bagaimana cara menjawabnya? Mari kita bahas satu demi satu.

Seperti bahasa lainnya salam yang umum dalam bahasa sunda ada empat, dimana semuanya menggunakan kata wilujeng yang artinya selamat. Namun dalam kalimat, kita tidak bisa menggunakan kata wilujeng sebagai kata ganti selamat.

Contoh:
– Anita parantos dugi ka Jakarta dina kayaan salamat.
Artinya: Anita tiba di Jakarta dengan selamat.

Baca juga: Pidato bahasa sunda tentang perpisahan

Bahasa sunda selamat pagi

Berikut ini adalah beberapa sapaan dan ungkapan/ greeting dalam bahasa sunda, atau ucapan selamat pagi bahasa sunda halus atau formal, diantaranya:

  1. Selamat pagi artinya Wilujeng enjing
  2. Selamat siang bahasa sunda halus Wilujeng siang
  3. Selamat sore artinya Wilujeng sonten
  4. Ucapan selamat malam bahasa sunda adalah Wilujeng wengi

Baca juga: Pangalaman liburan bahasa sunda

Banyak orang yang menulis ini pada caption status sosial mendianya sebelum beraktifitas, baik bekerja atau berangkat ke sekolah.

Tetapi ada juga Sampurasun yang dapat diartikan halo, permisi, dll. Kita bisa menjawab sampurasun dengan rampes maknaya silahkan, sama-sama, dll.

Kata Sampurasun berasal dari sampurna ning ingsuh yang artinya sempurnakan diri kamu, mungkin bagi kamu yang lebih mengerti tentang ini tolong tulis pada kolom komentar.

Selain itu ada juga Punten bisa diartikan permisi atau hi, kamu bisa jawan mangga yang artinya silahkan atau dipersilahkan.

Baca juga:
Perbedaan debat dan diskusi
Bahasa Sunda lemes

Nah, itulah penjelasan singkat tentang Bahasa sunda selamat pagi, mohon koreksi jika ada kesalahan. Terima kasih sudah membaca dan membagikan artikel ini.

Yuk tulis komentar kamu