in

SenangSenang KerenKeren

Membaca bahasa tubuh dalam komunikasi (understanding body language)

Membaca bahasa tubuh dalam komunikasi (understanding body language)
Membaca bahasa tubuh dalam komunikasi (understanding body language)

Bahasa tubuh atau body language adalah suatu kegiatan yang sering kita lakukan dalam merespon ketertarikan ataupun sikap penolakan terhadap sesuatu. Sadar atau tidak, ternyata kegiatan itu hampir sama dilakukan banyak orang.

Misanya saja, ketika kamu tidak suka dengan cerita yang teman kamu ceritakan, apa yang kamu lakukan? tentunya menolak, tetapi ada hal lain dari anggota tubuh yang kamu gerakkan, sadar ataupun tidak.

Sahabat penulis cilik, aku akan memberikan info dalam membaca karakter berdasarkan bahasa tubuh manusia atau temanmu ketika sedang melakukan komunikasi.

Baca:
Tanda baca
Puisi selamat pagi Indonesia

Bahasa tubuh atau body language

Sederhananya, dengan mengetahui body language, kita bisa membaca pikiran orang lain melalui bahasa tubuh atau gerak yang dilakukannya.

Berikut ini adalah beberapa body language yang umum dilakukan banyak orang ketika sedan berkomunikasi dengan kita, diantaranya:

  1. Memegang leher bagian belakang artinya suatu kondisi dimana seseorang sedang bosan, kesal, atau dalam keadaan berbohong.
  2. Menggigit bibir artinya upaya seseorang dalam menenangkan diri, sebab dia sedang dalam keadaan tertekan atau canggung. Selain menggigit, hal lain adalah menjilat bibir dan mengisap bibir.
  3. Menggaruk hidung artinya orang yang sedang berbohong, penyebabnya ketika seseorang berbohong hormon adrenalin meningkat, akibatnya pembuluh darah kapiler membesar dan hidung akan menjadi gatal.
  4. Memiringkan kepala artinya sedang berpikir atau dia tertarik dengan cerita atau percakapan kita dan ingin mengetahui lebih lanjut.
  5. Menaikkan alis artinya ketertarikan terhadap sesuatu atau rasa ingin tahu terhadap sesuatu
  6. Mengerutkan alis artinya timbulnya rasa bingung atau takut terhadap sesuatu
  7. Mata berkedip artinya jika intensitasnya lebih dari 6-8 kali dalam satu menit, maka orang itu sedang stres atau tegang.
  8. Menutup mata artinya dia tidak tertarik dengan topik atau cerita yang dibahas, maka dari itu kita harus berhenti sebentar untuk memberikan jeda dia berpikir.
  9. Menahan dagu dengan tangan artinya dia sedang bosan dan tidak tertarik
  10. Memegang dagu artinya sedang mengevaluasi sesuatu atau dia sedang jenuh.

Baca:
Anggota tubuh dalam bahasa Inggris
Hikmah perilaku jujur

Kiranya itu saja yang bisa aku bagikan. Jika ingin mengetahui lebih banyak, kamu bisa membeli bukunya (body language book). Para mahasiswa biasanya mempelajari ini pada ilmu psikologi terapan. Koreksi aku jika salah, terima kasih sudah membaca dan membagikannya.

Yuk tulis komentar kamu