in

NgakakNgakak TakutTakut SedihSedih SenangSenang KagetKaget KerenKeren

Belajar Bahasa Sunda Dengan Mudah Dan Terjemahan

Belajar Bahasa Sunda Dengan Mudah Dan Terjemahan
Belajar Bahasa Sunda Dengan Mudah Dan Terjemahan

Belajar Bahasa Sunda Dengan Mudah Dan Terjemahan. Bahasa sunda merupakan salah satu bahasa yang paling pupuler di Indonesia, mungkin karena logat dan cara pengucapannya yang membuat orang tersenyum, atau bisa jadi karena banyak digunakan sebagai candaan (lawakan atau guyonan) artis-artis terkenal di Indonesia, seperti Kang Sule, Teh Fitri Tropica, Rafi Ahmad, dll.

Basa sunda itu unik, untuk kata “Makan” itu banyak banget arti dan peruntukannya. Begitu juga dengan kata “Jatuh” banyak juga penyebutannya.

Baca juga : Contoh Sisindiran Bahasa Sunda

Orang Sunda tidak bisa membedakan antara huruf “P” dan huruf “F”

Hampir 80% benar, aku tidak mau bilang 100% karena jika mereka sadar, mereka bisa membedakannya kok. Sadar? iya, jujur saya orang sunda asli, sampai sekarang jika ada teman yang ngmong “Parfum”, saya selalu bilang “Farpum” dan itu refleks, tapi kadang suka bener juga hehe.

Nah, untuk ngetes temen kamu orang sunda asli atau bukan, ini dia ada tipsnya, tunjukan ke dia gambar (meme) di bawah ini, jika dia orang sunda asli, pasti jawabannya Farpum, bukan Parfum! 😀

cara ngetes temen kamu orang sudan asli atau bukan
Cara ngetes temen kamu orang sunda asli atau bukan | @kitapenuliscilik

Apa perbedaan Bahasa Sunda Kasar dan Halus dan contohnya

Intinya sih gini, seperti halnya kalian mengucapkan lo dan gua, itu jelas salah jika disampaikan kepada orang tua, begitu juga untuk beberapa orang Indonesia yang mengerti sopan santun, kata lo dan gua itu jarang digunakan, digantikan dengan saya dan kamu.

Dalam belajar bahasa sunda juga sama, istilah bahasa lemes disampaikan biasanya kepada orang yang lebih tua (formal) dengan maskud menghormati. Bahasa kasar (non formal) digunakan bahasa sehari-hari dengan teman sebaya (seumuran).

Baca juga: Pengalaman liburan dan terjemahan bahasa sunda

Beberapa daerah, salah satunya Banten dan bogor, saya pernah mendengarkan percakapan yang mengganggu telinga saya, mereka sering mengucapkan bahasa yang menurut saya kasar, baik orang tua atau anak muda, seperti yang pernah aku baca di kamus bahasa sunda halus dan artinya, misalnya:

  1. Sia, Maneh artinya Kamu, bahasa halus Anjeun
  2. Aing artinya Saya, bahasa halus Saya
  3. Indit, Kabur, Mantog artinya pergi, basa halus Angkat
  4. Lebok artinya makan, bahasa halus Neda, Emam, Tuang, dll
  5. Cokor artinya kaki, bahasa halus sampean, lalampahan

Khusus untuk makan ada banyak sebutan dalam bahasa sundanya, seperti:

  1. Dahar (umum)
  2. Neda (halus)
  3. Tuang (halus)
  4. Emam (halus)
  5. Lebok (kasar)
  6. Nyatu (kasar)
  7. Tetegek (kasar)
  8. Teureuy (kasar)
  9. Cacatrek (kasar)
  10. Madang (kasar) dalam bahasa jawa, ini justru disebut bahasa halus.

Semua kata di atas, memiliki terjemahan bahasa sunda yang sama, tapi peruntukanya saja yang berbeda. Aku pernah melihat harga kamus bahasa sunda di toko buku itu tidak mahal kok, atau sudah banyak kok apps-nya juga.

Untuk kamu yang suka caption (kata-kata bijak bahasa sunda), ini ada contoh caption dalam bahasa sunda kasar. Arti caption di atas adalah Kamu mah jika senang-senang dengan orang lain, jika susah aja minta tolong sama aku, “JELEK”.

caption bahasa sunda kasar
Caption bahasa sunda kasar

Website Terjemah Bahasa Sunda

Ada banyak sekali website yang menyediakan terjemahan bahasa sudah, salah satunya google translate yang menyediakan terjemah bahasa sunda dari Indonesia dan ke Sunda.

Terjemah bahasa sunda menggunakan google translate
Terjemah bahasa sunda menggunakan google translate

Tapi sayang masih banyak yang salah, aku coba menuliskan “Nuju naon Kang?” harusnya artinya adalah “Sedang apa Mas?” tapi malah jadi seperti gambar di atas ngaco.

Baca juga: Naon pentingna tarjamahan teh?

Belajar Bahasa Sunda Nama-nama hari bahasa sunda

Untuk mempermudah belajar bahasa sunda, kita mulai dari mengenal nama-nama hari. Misalnya saja kalian ingin menanykan “hari apa sekarang?” bahasa sundanya seperti ini: Dinten naon ayeuna? 

  1. Bahasa Sundanya Senin adalah Senen
  2. Bahasa Sundanya Selasa artinya Salasa
  3. Bahasa Sundanya Rabu artinya Rebu
  4. Bahasa Sundanya Kamis artinya Kemis
  5. Bahasa Sundanya Jum’at artinya Jumaah
  6. Bahasa Sundanya Sabtu artinya Saptu
  7. Bahasa Sundanya Mingggu artinya Ahad

Dinten artinya adalah hari, namun ada lagi yaitu poe, artinya sama, tetapi itu bisa juga dibilang sedikit kasar jika yang menanyakan adalah orang tua, kata poe hanya digunakan untuk teman atau orang yang seumuran, misalnya contoh kalimatnya seperti ini:

“Ujang, dinten naon ayeuna?” tumaros Nini. “Dinten Rebo,” Andi ngawaler.

Arti terjemahan bahasa sunda : “Nak, hari apa sekarang?” tanya nenek. “Hari Rabu,” jawab Andi

Baca juga: Dongeng pendek dan terjemahan bahasa sunda

Belajar Bahasa Sunda dengan anggota keluarga dlm bahasa sunda

Oia, aku punya sedikit cerita lucu tentang ini, dimana Paman (Om) saya punya Istri, dia punya banyak asisten rumah tangga (pembantu). Saya sebagai ponakannya kan harusnya memanggil Istri Paman dengan sebutan Tante, waktu itu keceplosan panggi Bibi, eh anaknya yang masih SD marah, ahahha 😀 mau tahu kenapa? karena Bibi pada bahasa sunda adalah Tante.

Berikut ini daftar nama anggota keluarga yang ada di bahasa sunda, untuk lebih jelasnya mungkin kamu bisa mencarinya di kamus bahasa sunda.

  1. Ujang (Jang) adalah panggilan anak laki-laki
  2. Aa adalah panggilan kakak laki-laki
  3. Eneng (Neng) adalah panggilan anak perempuan
  4. Teteh adalah panggilan kakak perempuan
  5. Ema adalah panggilan untuk Ibu
  6. Bapak, Ambu, Rama, adalah panggilan untuk ayah atau Papa
  7. Mamang adalah panggilan untuk adik laki-laki dari ibu atau ayah
  8. Bibi adalah panggilan untuk adik perempuan dari ibu atau ayah
  9. Nini adalah nenek
  10. Aki adalah kakek
  11. Abah adalah Ayah, tetapi ada juga yang menyebutnya untuk kakek
  12. Ua adalah adalah panggilan untuk kakak laki-laki atau perempuan dari ibu atau ayah
  13. Akang (kang) arti terjemahan bahasa sunda panggilan laki-laki dari orang tua yang seumuran.

Contoh kalimat percakapan bahasa sunda dan artinya

  • Bahasa Inggris maneh blegug! artinya bahasa Inggris kamu jelek.
  • Ujang bade kamana? artinya Kamu mau kemana?
  • Tong hilap nyimpang ka rorompok Bibi, sakantenan nyandak baskom Ema anu kakantun artinya Jangan lupa mampir ke rumah bibi, sekalian bawa baskom Ibu yang tertinggal
  • Nini sareng Aki nuju leleson calik di pengkereun bumi artinya Nenek dan Kakek sedang istirahat duduk di belakang rumah
  • Saha eta anu yumput teh, Neng? artinya Siapa yang bersembunyi itu, Nak?
  • Abah, punten lirenan atuh rokok na, emut kana kasehatan teh. artinya Pak, tolong berhenti merokok, ingat pada kesehatan
  • Sok bade nambah sebaraha? artinya, silahkan mau nambah berapa lagi?

Banyak buku dan kamus bahasa sunda, untuk mempermudah kalian belajar di bukalapak, lihat di sini.

Contoh percakapan bahasa sunda dan artinya

1. Contoh Pertama

A : Wangsul timana Pak? artinya Dari mana Pak?

B : Parantos nyandak acuk murang kalih di palih kulon. artinya Sudah membawa baju anak dari sebelah barat.

2. Contoh Kedua

A : Ari murang kalih teh, sakola di mana? artinya Anaknya sekolah di mana?

B : Pun anak mah, sakola di swasta, kusabab sesah lebet negeri teh. artinya Anak saya sekolahnya di swasta, sebab susah masuk sekolah negeri.

Belajar Bahasa Sunda angka dan nilai dlm bahasa sunda

Perhitungan atau angka bahasa sunda pernah viral ketika ada video Hiji Dua Tilu, nah ini dia berikut penjelsan nama-nama hari untuk mempermudah kalian belajar bahasa sunda dan mengingatnya:

  1. Bahasa sundanya Satu adalah Hiji
  2. Dua
  3. Bahasa sundanya Tiga adalah Tilu
  4. Bahasa sundanya Empat adalah Opat
  5. Lima
  6. Bahasa sundanya Enam adalah Genep
  7. Tujuh
  8. Bahasa sundanya Delapan adalah Dalapan
  9. Bahasa sundanya Sembilah adalah Salapan
  10. Bahasa sundanya Sepuluh adalah Sapuluh
  11. Bahasa sundanya Sebelas adalah Sabelas
  12. Bahasa sundanya Seribu adalah Sarebu
  13. Bahasa sundanya Satu juta artinya Sajuta

Belajar Bahasa Sunda warna Bahasa sunda

Ada warna tertentu yang memiliki penyebutan sama pada bahasa sunda, misalnya biru. Nah, beberapa warna lain yang aku inget adalah ini:

  1. Bahasa sundanya Hitam adalah Hideung
  2. Bahasa sundanya Putih adalah Bodas
  3. Bahasa sundanya Merah adalah Beureum
  4. Bahasa sundanya Kuning adalah Koneng
  5. Bahasa sundanya Hijau adalah Hejo
  6. Bahasa sundanya Merah mudah (pink) adalah Kayas

Belajar Bahasa Sunda nama-nama hewan dlm bahasa sunda

Berikut ini adalah kamus bahasa sunda.sederhana tentang daftar nama hewan yang aku tahu, semoga bisa membantu kalian dalam belajar bahasa sunda.

  1. Bahasa Sundanya ayam adalah Hayam
  2. Bahasa Sundanya kucing adalah Ucing
  3. Bahasa Sundanya ular adalah Oray
  4. Bahasa Sundanya ulat adalah Hileud
  5. Bahasa Sundanya macan adalah Maung
  6. Bahasa Sundanya tikus adalah Beurit
  7. Bahasa Sundanya cicak adalah Cakcak
  8. Bahasa Sundanya nyamuk adalah Reungit
  9. Bahasa Sundanya laron adalah Silaru
  10. Bahasa Sundanya semut adalah Sireum
  11. Bahasa Sundanya kura-kura adalah Kuya
  12. Bahasa Sundanya belatung adalah Bilatung

Baca juga: Cerita bobodoran bahasa sunda

Belajar Bahasa Sunda bagian tubuh manusia bahasa sunda

Untuk kalian yang baru membaca ini pasti ada banyak kata yang lucu dan unik, tapi itulah basa sunda. Berikut ini adalah daftar anggota tubuh manusia pada bahasa sunda.

  1. Bahasa Sundanya hidung adalah Irung
  2. Bahasa Sundanya gigi adalah Huntu
  3. Bahasa Sundanya bibir adalah Biwir
  4. Bahasa Sundanya bokong adalah Bujur
  5. Bahasa Sundanya betis adalah Bitis
  6. Bahasa Sundanya perut adalah Beuteung
  7. Bahasa Sundanya puser adalah Bujal
  8. Bahasa Sundanya user-user adalah Kulinciran
  9. Bahasa Sundanya lidah adalah Letah
  10. Bahasa Sundanya lutut adalah Tu’ur
  11. Bahasa Sundanya pundak adalah Tak-tak
  12. Bahasa Sundanya pinggang adalah Cangkeng
  13. Bahasa Sundanya rambut adalah Buuk
  14. Bahasa Sundanya kuping adalah Ceuli
  15. Bahasa Sundanya tangan adalah Leungeun atau panangan
  16. Bahasa Sundanya alis adalah Halis
  17. Bahasa Sundanya kening adalah Tarang
  18. Bahasa Sundanya sikut adalah Siku
  19. Bahasa Sundanya kaki adalah Suku
  20. Bahasa Sundanya punggung adalah Tonggong
  21. Bahasa Sundanya tenggorokan adalah Tikoro
  22. Bahasa Sundanya kepala adalah Sirah atau mastaka

Ucapan selamat ulang tahun bahasa sunda dan artinya

Berikut ini adalah contoh ucapan selamat ulang tahun menggunakan bahasa sunda.

Wilujeng teupang taun Jasmine, mugia gusti Allah SWT maparing kasehatan, dipanjangkeun yuswana, dientengkeun jodona, sareng dipasihan rezeki anu seuer, aamiin.

Artinya:  Selamat ulang tahun Jasmine, semoga Allah SWT memberikan kasehatan, panjang umur, didekatkan jodohnya, dan diberikan rizki yang banyak, aamiin

Baca lebih lengkap Contoh Ucapan Selamat Ulang Tahun Bahasa Sunda dan Artinya

Cara Cepat Belajar Bahasa Sunda dengan menghafal kosakata sehari-hari

Untuk menambah perbendaharaan kata, berikut ini aku tuliskan beberapa kosakata yang sering diucapkan dalam percakapan sehari-hari, sekaligus mungkin bisa menjadi kamus bahasa sunda sederhana untuk kamu.

  1. Arti Baong adalah Bandel atau Nakal
  2. Arti Bumi, Imah, Rorompok, adalah Rumah
  3. Arti Tamas adalah cuci muka
  4. Arti cenah adalah katanya
  5. Arti Bondon adalah prekedel (makanan)
  6. Arti Bener banget adalah leres pisan
  7. Abdi oge ngertos adalah Saya juga faham
  8. Alon-alon we artinya: slow aja, santai dong
  9. Hargana sabaraha ieu? artinya: berapa harganya ini?
  10. Abdi nya’ah pisan ka anjeun artinya: Aku sayang banget sama kamu
  11. Anjeun paham teu? artinya: Anda paham tidak?
  12. Arék Moal artinya: Jadi Nggak?
  13. Bahasa sundanya belajar adalah diajar
  14. Asup artinya: Masuk
  15. Awéwé artinya: Perempuan
  16. Aya – Aya Waé. artinya: Ada – Ada Saja
  17. Ayeuna artinya: Sekarang
  18. Badé Kamana? atau Rék Kamana  artinya: Mau Kemana?
  19. Bogoh artinya: Cinta
  20. Ceurik artinya: Menangis
  21. Cicing Atuh artinya: Diem Dong
  22. Cobian heula weh artinya: Cobain Dulu Aja
  23. Dangukeun / Dengekeun  artinya: Dengarkan
  24. Deui artinya: Lagi
  25. Deui artinya: Lagi, sekali lagi
  26. Duka atau Teu Terang artinya: Gak Tahu
  27. Enggal Atuh atau Buru-Buru Atuh  artinya: Cepet Dong!
  28. Engkin Weh atau Engke Weh artinya: Nanti Saja
  29. Enya artinya: Ya
  30. Eta artinya: Itu
  31. Gampil Pisan/Gampang Pisan artinya: Mudah Banget
  32. Geleuh Ih artinya: Jijik Ih
  33. Gelo Manéh artinya: Gila Kamu
  34. Geulis artinya: Cantik
  35. Geulis Pisan artinya: Cantik Banget
  36. Goreng artinya: Jelek
  37. Hanjakal Pisan artinya: Menyesal Banget
  38. Hareup artinya: Depan
  39. Hatur Nuhun artinya: Terima Kasih
  40. Horéam Ah artinya: Males Ah
  41. Hoyong atau  Hayang artinya: Pengen
  42. Ieu artinya: Ini
  43. Ini disini artinya: Ieu didieu
  44. Iraha artinya: Kapan
  45. Isukan artinya: Besok
  46. Itu disana artinya: Eta didinya
  47. Kade di jalan artinya: Hati – Hati Di Jalan
  48. Kadieu artinya: Ke sini
  49. Kadieu atuh artinya: Kesini Dong
  50. Kaditu artinya: Ke sana
  51. Kaduhung (Pisan) artinya: Nyesel Banget
  52. Kalem Weh artinya: Santai Aja
  53. Kamana artinya: Kemana
  54. Kamana Wae artinya: Kemana Aja
  55. Kamari artinya: Kemarin
  56. Karunya Teuing artinya: Kasihan
  57. Karesepna artinya: kesukaanya
  58. Kasép Pisan artinya: Ganteng Banget
  59. Kinten – Kinten artinya: Kira – Kira
  60. Kolot artinya: Tua
  61. Kumaha (Atuh) artinya: Bagaimana (Dong)
  62. Kumaha Anjeun atau Kumaha Manéh (Wéh) artinya: Terserah Kamu (Aja)
  63. Kumaha anjeun weh artinya: Terserah kamu
  64. Kumaha Engké Weh artinya: Gimana Nanti Aja
  65. Kumaha, Damang? artinya: Bagaimana, Sehat? (Apa Kabar?)
  66. Kunaon atau Naon artinya: Kenapa / Apa
  67. Lalaunan Atuh artinya: Pelan-Pelan Dong
  68. Lami teu pendak terjemahan bahasa sunda Lama tak jumpa
  69. Lamun artinya: Bila
  70. Lebet artinya: Masuk
  71. Lempeng artinya: Lurus
  72. Leutik artinya: Kecil
  73. Lieur artinya: Pusing
  74. Linggih heula artinya: Mampir dulu
  75. Loba artinya: Banyak
  76. Loba Kahayang artinya: Banyak Maunya
  77. Luhur artinya: Tinggi, atas
  78. Maké artinya: Memakai
  79. Manawi artinya: Barangkali
  80. Mbung artinya: Tidak mau
  81. Meni awis tepang artinya: Lama tak jumpa
  82. Méré artinya: Ngasih
  83. Meser artinya: Membeli
  84. Moal artinya: Tidak akan
  85. Mutuskeun artinya: Memutuskan
  86. Nanaonan Ieu. artinya: Apa – Apaan Ini
  87. Naon Atuh artinya: Apa Dong?
  88. Naon ciing? artinya: Apa Cobaa?
  89. Ngajak artinya: Mengajak
  90. Ngan Kitu Hungkul artinya: Cuma Gitu Doang
  91. Ngaraoskeun artinya: Merasakan
  92. Ngarencanakeun artinya: Merencanakan
  93. Ngora artinya: Muda
  94. Nu artinya: Yang
  95. Nu Leres / Nu Bener artinya: Yang bener?
  96. Nuju Milarian Naon / Keur Neangan Naon artinya: Lagi Nyari Apa
  97. Nuju Naon / Keur Naon. artinya: Lagi Ngapain?
  98. Nuju Ngantosan Saha artinya: Lagi Nunggu Siapa
  99. Nya Enya Atuh. artinya: Ya Iya Dong
  100. Nyaho artinya: Tahu
  101. Nyarios artinya: Berkata
  102. Nyauran artinya: Memangil
  103. Nyeepkeun artinya: Menghabiskan
  104. Nyieun artinya: Membuat
  105. Nyumpingan artinya: Mengunjungi
  106. Oge artinya: Juga
  107. Payun artinya: Depan
  108. Puguh artinya: Jelas
  109. Punten artinya: Permisi
  110. Rame Jigana. artinya: Seru Kayaknya
  111. Raos Pisan artinya: Enak Banget
  112. Réréncangan atau Babaturan artinya: Teman
  113. Resep artinya: Suka
  114. Riet artinya: Sakit kepala
  115. Sabaraha artinya: Berapa
  116. Sadayana atau Kabeh artinya: Semuanya
  117. Saha (Anjeun/Manéh/Didinya) artinya: Siapa (Kamu)
  118. Sakedap artinya: Sebentar
  119. Sakedap Deui atau Sakedeung Deui  artinya: Sebentar Lagi
  120. Sakedik atau Saeutik (Pisan) artinya: Sedikit (Banget)
  121. Salawasna artinya: Selamanya
  122. Sami – Sami artinya: Sama – Sama
  123. Sami Waé atau Sarua Waé artinya: Sama Aja
  124. Sanaos artinya: Meskipun
  125. Saur abi mah artinya: Saya pikir
  126. Se-eur atau Loba (Pisan) artinya: Banyak (Banget)
  127. Seueur artinya: Banyak
  128. Selamat pagi artinya wilujeng enjing
  129. Sugan teh artinya: Kirain
  130. Teu atau Henteu artinya: Tidak
  131. Teu Gaduh terjemahan bahasa sunda Gak Punya
  132. Teu kunanaon? artinya: Gak Apa-Apa?
  133. Teu Ngartos atau Teu Ngarti artinya: Gak Ngerti
  134. Teu Tiasa atau Teu Bisa artinya: Gak Bisa
  135. Timana artinya: Darimana
  136. Tipayun nya atau Tiheula nya artinya: Duluan ya
  137. Tong Api – Api artinya: Jangan Pura – Pura
  138. Tong Hilap, nya artinya: Jangan Lupa, ya
  139. Tong isin isin artinya: Jangan malu malu
  140. Tong Kitu Atuh artinya: Jangan Begitu Dong
  141. Tong Ngalamun artinya: Jangan Melamun
  142. Tong Ngambek Atuh artinya: Jangan Marah Dong
  143. Tong repot repot artinya: Jangan repot repot
  144. Tunduh Euy artinya: Ngantuk Ih
  145. Sakali deui artinya: Sekali lagi
  146. Terjemahan Bae weh, goreng oge loba nu bogoh artinya: Tidak apa-apa, walau aku jelek tapi banyak yang suka.

Video Belajar Bahasa Sunda

Ini ada juga belajar bahasa sunda veris video yang aku temukan di youtube, video pertama ini adalah pengenalan dasar tentang bahasa sunda.

Video ke dua terkait undak usuk bada di dalam bahasa sunda.

Ok teman, segitu saja yang bisa aku sampaikan, aku bukan makhluk sempurna yang tidak melakukan kesalahan, jika ada kesalahan mohon dikoreksi ya.

Semoga artikel belajar bahasa sunda ini bermanfaat untuk kita semua. Jika ada kata atau kalimat yang ingin diterjemahkan ke dalam bahasa sunda, tulis di kolom komentar ya, nanti aku bantu!

Contributor

Ditulis oleh Ulfa DJ

Hellooo

Years Of MembershipContent AuthorQuiz Maker

3 Komentar

Balas komentar

Yuk tulis komentar kamu