in

NgakakNgakak TakutTakut SedihSedih SenangSenang KagetKaget KerenKeren

Cara membuat bros dari kain perca unik dan menarik

cara membuat bros dari kain perca unik dan menarik
cara membuat bros dari kain perca unik dan menarik

Cara membuat bros dari kain perca unik dan menarik. Banyak bros yang dijual online (instagram) dengan harga yang tidak terlalu mahal, warna dan bentuk yang menarik.

Bos digunakan anak sekolah untuk mempercantik atau menguatkan kerudung. Ada juga yang menempelkan bros di tas, di atas saku baju, bahkan kerudung.

Pada tutorial kali ini aku ingin berbagi tips, cara membuat bros dari kain perca yang unik juga menarik.

Cara membuat bros dari kain perca

Apakah itu Kain perca?

Kain perca adalah kain sisa potongan penjahit yang sudah tidak digunakan lagi, biasanya penjahit memiliki banyak stok kain perca, ada yang digunakan sebagai tambahan bahan, ada juga yang dibuang.

Cara mendapatkan kain perca?

Untuk mendapatkan kain perca itu mudah, bisa membeli dari penjahit atau bisa juga dengan cara menggunting pakaian atau celana yang sudah tidak kalian gunakan kemudian memotongnya dengan ukuran kecil-kecil, bisa berbentuk lingkaran atau juga kotak.

Baca juga: Cara membuat boneka dari kain flanel

Alat dan bahan membuat kerajinan dari kain perca

Sebelum pada penjelasan dan langkah-langkah pembuatannya, kita harus mempersiapkan dahulu bahan-bahan yang akan kalian gunakan membuat kerajinannya

Alat dan bahan membuat kerajinan tangan dari kain perca
Alat dan bahan membuat kerajinan tangan dari kain perca

Cara membuat bros dari kain perca unik dan menarik

Langkah langkah membuat bros dari kain perca
Langkah langkah membuat bros dari kain perca

Setelah kalian mendapatkan kain percanya, mulailah untuk menguntingnya dengan bentuk persegi empat, jangan terlalu besar, misalnya saja ukurannya 3 cm persegi (sama sisinya) sebanyak lima buah, atau bisa disesuaikan dengan bros yang ingin kalian buat bisa juga 3 atau 4.

Bros cantik dari kain flanel
Bros cantik dari kain flanel

Lipat berbentuk segitiga sama sisi sebanyak 2x lipatan, sehingga ukurannya lebih kecil. Gunakan jarum dan benang untuk menggabungkan 5 buah kain tersebut seperti gambar nomor 4 di atas.

Bros cantik dari kain perca
Bros cantik dari kain perca

Baca juga: Kumpulan kerajinan tangan dari barang bekas

Jika sudah selesai, gunting kain flanel berbentuk lingkaran, kemudian berikan lem untuk menempelkan pada bagian bawah bros, fungsi kalin flanel adalah untuk memperkuat saja. Lem lagi pada bagian atasnya untuk menempelkan kancing. Ukuran kancing dan warnanya bisa kalian sesuaikan.

Setelah selesai seperti nomor gambar 8, bisa langsung ditempel dengan cara di jahit pada kerudung, tas, atau dompet, bisa juga menempelkan peniti di atas kain flanel yang bulat tadi, sehingga bros kalian bisa dengan mudah ditempel dimana saja.

Kalian jangan terpaku dari bahan-bahan di atas, bisa juga menambahkan manik-manik, pita satin, renda, dan mutiara untuk mempercantik brosnya.

Ok bros cantik kalian sudah jadi, sekian dari aku cara membuat bros dari kain perca unik dan menarik. Untuk lebih jelasnya bisa menonton video di bawah ini:

Yuk tulis komentar kamu