in ,

NgakakNgakak TakutTakut SedihSedih SenangSenang KagetKaget KerenKeren

Cara Membuat Cerita Sedih

Cara Membuat Cerita Sedih
Cara Membuat Cerita Sedih

Menurut kalian, Cara Membuat Cerita Sedih itu susah atau enggak, sih? Bagaimana cara membuatnya? Kalau menurutku membuat cerita-sedih itu gampang-gampang susah, karena kita harus bisa membuat pembaca menitikkan air matanya atau minimal pembacanya bisa merasakan kesedihan yang dirasakan tokoh utama pada cerita tersebut.

Aku akan bagikan tips membuat cerita, ya! Baca sampai selesai8, ya!

Daftar Isi

Membuat Outline Cerita

Outline itu apa, sih? Outline adalah daftar kejadian di dalam cerita. Jadi kalian harus punya bayangan atau rencana tentang alur cerita, agar tidak mengalami kebuntuan ide sewaktu menulis. Buatlah deskripsi yang jelas tentang kejadian-kejadian yang dialami tokoh utama. Aku sarankan, saat kalian membuat cerita, biarkan tokoh utama kalian terus-menerus gagal atau kalah, supaya semakin enak dibaca dan bisa mengaduk-aduk emosi pembaca.

Baca juga: Traveling seru ala anak sekolah

Baca Cerita-Cerita Sedih

Jika kalian ingin membuat cerita, maka kalian juga harus sering dong, membaca cerita-cerita sedih, supaya kalian bisa tahu dan mendapat referensi, bagaimana sih contoh-contoh cerita sedih? Kalau kalian ingin membaca cerita sedih, aku merekomendasikan kalian membaca novel Hafalan Sholat Delisa atau buku Surat Kecil Untuk Tuhan. Atau kalian bisa menonton film yang alur ceritanya sedih.

Dapatkan Feelingnya!

Pasti di daerah kalian sudah musim hujan, bukan? Mumpung sekarang musim hujan, ini adalah kesempatan kalian bagi yang mau menulis cerita sedih. Ketika daerah kalian diguyur hujan, berjalan-jalanlah di tengah hujan. Jika kalian tak suka dengan basah, bawalah payung atau pakailah jas hujan. Saat kalian berjalan-jalan di tengah hujan, kalian akan mencapai rasa dramatis dan mendapat inspirasi. Selain itu, bisa juga kalian mendengarkan musik yang nadanya sedih. Biasanya, musik akan mengeluarkan sebuah perasaan dari hati kalian.

Baca juga: mengenal perjuangan adolfhitler

Menulislah Ketika Kamu Sendirian

Supaya kalian bisa menjiwai tokoh-tokoh di dalam cerita, menulislah dalam kondisi kalian seorang diri. Yang kalian butuhkan adalah ketenangan agar kalian bisa berkonsentrasi kepada tokoh-tokoh di cerita kalian. Jadi, kalian bisa merasakan apa yang dialami tokoh di dalam cerita kalian.

Dan jangan lupa, EYD juga diperlukan agar untuk menulis cerita. Selamat menulis cerita. Semoga kalian sukses, ya!

——–

Sumber gambar: pixabay.com | Cara Membuat Cerita Sedih

3 Komentar

Balas komentar

Yuk tulis komentar kamu