in ,

KerenKeren SenangSenang SedihSedih NgakakNgakak TakutTakut KagetKaget

Cara Membuat Cover Buku dan Unsur Cover Buku (Ragam Contoh Gambar)

Cara Membuat Cover Buku dan Unsur Cover Buku
Cara Membuat Cover Buku dan Unsur Cover Buku

Cara membuat cover buku dan unsur cover buku. Jika kalian seorang pembaca sejati, tentunya sudah tahu mana cover yang menarik dan mana yang tidak.

Ada banyak sekali cover atau sampul buku yang unik dan lucu di toko buku, mulai dari karya fiksi dan non fiksi, semua didesain sedemikian rupa untuk menarik pembaca dan pembeli.

Baca juga:
Cara Meresensi Buku
Gambar cover buku otot manusia
Gambar cover buku penyandang cacat yang sukses

Cara Membuat Cover Buku

gambar cover buku otot manusia
Gambar cover buku otot manusia | goodreads

Mungkin kalian pernah bertanya, mengapa cover yang baik harus memenuhi unsur-unsur cover? Yang jelas, ragam desain cover buku menjelaskan betapa pentingnya suatu visualisasi, para desainer berlomba membuat cover, untuk itu menarik perhatian pembaca.

Seorang desainer harus dapat melihat peluang dan mengerti kebutuhan pasar terkini.

Kenapa demikian?

Sederhananya, dengan desain yang modern tentunya akan menjadi nilai plus pada buku tersebut, sehingga akan banyak orang melilirik, membaca, dan tentunya berujung pada pembelian.

Sebutkan unsur-unsur pada sampul buku?

Unsur unsur pada cover buku adalah kaidah yang harus diperhatikan seorang desainer dalam membuat cover, sehingga menjadi sebuah karya yang menarik, mengundang penasaran, dan enak dipandan. berikut ini adalah beberapa unsur tersebut.

Baca juga : Jelaskan unsur fisik dan non fisik seni rupa

Unsur-unsur pada Cover buku (sampul buku)

Unsur fisik cover buku adalah nilai jual utama dari sebuah buku, dimana sebuah konsep penyampaian dalam bentuk visual. Berikut ini beberapa hal yang harus diperhatikan ketika ingin mendesain cover buku:

1. Judul Buku

Pada saat mendesain cover, judul buku harus terlihat dominan, sehingga pembeli mengetahui judul buku tanpa harus menerka-nerka, bahkan sampai tidak tahu judulnya yang mana.

2. Nama Pengarang atau Penulis

Nama lengkap dan gelar penulis harus diperhatikan, jangan sampai salah ketik atau bahkan tidak nampak, sehingga pembaca setia dari karya seseorang mengetahui, bahwa buku itu adalah buku karangan idolanya.

3. Penerbit

Penerbit buku adalah perusahaan yang menerbitkan buku. Biasanya ditampilkan pada cover buku bagian belakang, walau ada beberapa desain yang menampilkannya di bagian depan, tetapi tidak dominan bahkan sampai menutupi cover.

Logo penerbit yang ditampilkan pada halaman depan, biasanya pada pojok kanan atas, atau di bawah pada bagian tengah (center). Ini bukan sebagai patokan, karena dapat berubah disesuaikan dengan desain cover.

Sebetulnya 3 unsur cover di atas sudah cukup mewakili sebuah buku, namun dua point di bawah ini akan memberikan nilai tambah, sehingga cover lebih menarik pembaca.

4. Deskripsi Singkat

Deskripsi cover di bagian depan, biasanya hanya 2 atau 3 baris saja, yang dapat mewakili isi buku, atau hanya berupa caption untuk menarik pembaca.

Sedangkan Deskripsi cover bagian belakang atau sinopsis buku, biasanya lebih panjang dari 5 baris, sehingga dapat memberikan penjelasan lebih rinci dari isi buku, namun tetap menggantungkan ceritanya, sehingga pembaca penasaran membeli buku atau novel tersebut.

5. Desain atau Ilustrasi

Mengapa cover buku harus mewakili isi buku? Desain cover buku anak lebih banyak menggunakan ilustrasi yang penuh dengan warna dan gambar, tentunya disesuaikan dengan isinya, sehingga tanpa membaca deskripsi/ sinopsis, pembaca sudah tahu buku itu tentang apa.

Desain cover novel remaja atau dewasa, biasanya simple atau bahkan sederhana, namun tidak menutup kemungkinan juga full dengan ilustrasi, jadi kembali lagi pada isi dari buku atau novelnya.

Misalnya saja desainer akan membuat buku non fiksi yang berhubungan dengan cara kerja otot manusia, tentunya gambar cover buku otot manusia adalah yang harus paling dominan, sehingga memvisualisasikan isi buku.

Unsur-unsur dan ragam desain dalam membuat gambar cover, desainer harus dapat melihat lebih dalam tentang desain cover buku, mulai dari warna, jenis huruf, garis, backgorund, dll. Berikut ini adalah beberapa hal yang harus diperhatikan oleh seorang desainer:

  1. Keseimbangan (Balance)
  2. Keserasian (Harmony)
  3. Kesatuan (Unity)
  4. Kontras
  5. Irama (rhythm)
  6. Proporsi (proportion)
  7. Dominasi (Domination)
  8. Keberagaman (Variety)
  9. Skala (Scale)
  10. Penekanan (Emphasis)

Contoh Cover Buku

Sebutkan jenis-jenis cover buku? ada banyak sampul atau cover buku yang menarik. Berikut ini adalah beberapa contoh ragam desain gambar cover buku, yang menurutku bagus dan mengikuti unsur unsur di atas, diantaranya.

Contoh Cover Non Fiksi

Buku fiksi adalah buku yang dibuat berdasarkan data, sifatnya mengedukasi dan informatif yang menggunakan bahasa lugas (denotatif) tanpa kiasan.

contoh cover buku non fiksi
Contoh cover buku non fiksi | gramedia

Contoh Cover Fiksi

Buku fiksi adalah buku yang isinya berupa karangan, hasil imajinasi pengarang, disusun menggunakan bahasa kiasan membuat pembaca berimajinasi.

Contoh cover buku fiksi
Contoh cover buku fiksi | gramedia

Baca juga :
Penerbit buku terkenal di Indonesia
Contoh gambar cover buku

Aplikasi dan Cara Membuat Cover Buku

Ada banyak aplikasi untuk membuat cover buku, dari mulai yang berbayar atau yang gratis, semua dapat digunakan sesuai dengan kemampuan dan kenyamanan masing-masing. Untuk kamu yang ingin mencoba membuat novel sendiri, beberapa aplikasi di bawah ini mungkin akan membantu.

Berikut ini beberapa aplikasi (software) yang dapat kalian gunakan, simak juga video membuat cover bukunya.

1. Cara membuat cover buku dengan photoshop

Software photoshop adalah perangkat lunak yang sering digunakan dalam membuat cover, walau begitu, banyak sekali fotografer digital juga perusahaan iklan memanfaatkan ini untuk memanipulasi gambar yang kurang sempurna.

Photoshop dapat dikatakan sebagai software yang multi platform karena dapat digunakan pada Operating Sysrem (OS) Windows maupun Macintosh milik apple.

Video di bawah ini adalah tutorial cara membuat cover buku menggunakan photoshop:

2. Cara membuat cover buku dengan corel draw

Coreldraw adalah sebuah software yang menitikberatkan editing pada garis vektor. Beberapa penerbit, untuk mendapatkan hasil yang maksimal menggabungkan kedua software ini, jadi tidak hanya menggunakan coreldraw saja.

Sayangnya, untuk kamu yang menggunakan apple, software hanya tidak tersedia pada OS WIndows saja, karena Berikut ini cara membuat cover buku menggunakan photoshop:

3. Cara membuat cover buku dengan paint

Paint adalah software yang disediakan gratis oleh Microsoft Windows, biasanya pada komputer atau laptop yang menggunakan operating sistem windows, software ini sudah ada tanpa harus diinstall lagi.

Software ini tidak direkomendasikan untuk membuat cover, karena tools yang terdapat pada aplikasi ini sangat sederhana, jadi tidak mendukung untuk mengelola foto atau gambar secara maksimal.

Walaupun demikian, jika tetap ingin mencobanya, silakan simak video membuat cover buku menggunakan paint di bawah ini.

4. Cara membuat cover buku dengan powerpoint

Sama dengan paint, software microsoft powerpoint biasa digunakan untuk membuat presentasi, tetapi microsoft menyediakan template pembuatan cover. Template yang disediakan hanya untuk desain sederhana.

Cover yang disediakan hanya untuk membuat sampul buku laporan penelitian atau tugas sekolah dan kampus saja. Jika tetap ingin mencoba membuatnya, silakan ikuti videonya:

5. Cara membuat cover buku dengan word 2013

Microsoft Word dan Powerpoint adalah aplikasi yang bisa dikatakan sama, bedanya word digunakan untuk menulis surat atau keperluan membuat laporan. Template yang disediakan juga sama, jadi tidak direkomendasikan untuk cover buku komersil.

Berikut video yang akan menjelaskan proses membuat cover menggunakan MS Word:

Baca juga : Cara membuat label buku (stiker)

Itulah Cara Membuat Cover Buku dan Unsur Cover Buku, semoga bermanfaat. Terima kasih sudah membaca.

Yuk tulis komentar kamu