in

NgakakNgakak SenangSenang KagetKaget KerenKeren

Cara Membuat Produk Kerajinan Bambu

Cara Membuat Produk Kerajinan Bambu
Cara Membuat Produk Kerajinan Bambu

Mengamati cara membuat produk kerajinan bambu. Teman-teman, sekarang kita akan mengamati kerajinan dari bambu. Bahan baku kerajinan bambu adalah bambu, banyak jenis bambu yang dapat dijadikan kerajinan.

Kali ini kita akan mengamati salah satu jenis saja yang umum, yang ada di mana-mana. Mula-mula bambu ditebang dan diangkut ke tempat pembuatan kerajinan, kemudian bambu dipotong-potong, dan dijemur agar kering, sehingga mudah untuk diiris tipis-tipis dan dianyam.

Baca juga : Cara membuat kipas dari stik eskrim

Alat-alat yang digunakan untuk membuat kerajinan bambu antara lain:

Alat untuk membuat anyaman bambu
Alat untuk membuat anyaman bambu
  • Gergaji
  • Golok
  • Pisau raut
  • Meteran

Cara membuat kerajinan dari bambu

Langkah awal adalah mengukur bambu sesuai keperluan. Kemudian bambu dipotong, dirapikan, dibilah, dan diraut sehingga bagus siap dijadikan bahan kerajinan.

Berikut ini kita akan mengamati pembuatan salah satu jenis kerajinan yaitu tempat pakaian. Bambu diiris tipis-tipis menggunakan pisau raut untuk menghasilkan sejumlah lembaran yang diperlukan.

Bambu diiris tipis-tipis
Bambu diiris tipis-tipis

Selanjutnya lembaran bambu diberi warna dengan pewarna kain sehingga memberikan kesan variasi. Pewarna dituangkan ke dalam air mendidih yang telah dicampur dengan garam.

memberikan pewarnaan pada anyaman bambu
memberikan pewarnaan pada anyaman bambu

Kemudian lembaran bambu dicelupkan kedalam pewarna hingga meresap ke dalam lembaran bambu. Bambu selanjutnya dijemur hingga kering dan siap diolah menjadi kerajinan.

Cara Membuat Produk Kerajinan Bambu
Cara Membuat Produk Kerajinan Bambu

Baca juga : Cara Membuat Squishy

Teknik pembuatan kerajinan bambu adalah anyaman yang berselang-seling antara bambu adalah dan bambu polos, hingga mencapai ukuran yang ditentukan.

hasil pembuatan anyaman bambu
hasil pembuatan anyaman bambu

Kemudian dilakukan penyambungan ujung yang satu dengan yang lainnya, sehingga membentuk wadah silinder yang diinginkan. Dengan memasang bagian alasnya maka jadilah kerajinan bambu yang direncanakan.

Baca juga : Cara membuat struktur organisasi kelas

Masih banyak lagi jenis kerajinan bambu yang dihasilkan oleh pengrajin, mulai dari bentuk sederhana hingga kompleks, mulai dari barang kebutuhan rumah tangga hingga hiasan, mulai dari mainan hingga barang bernilai seni tinggi, mulai dari yang harganya murah hingga yang mahal.

Berikut ini adalah contoh kerajinan bambu, diantaranya:

  • Pelindung kepala (dudukuy) bahasa sunda
  • Wadah Nasi (Ceceting) bahasa sunda
  • Souvenir
  • Sangkar burung
  • Dudukan lampu
  • Mainan
  • dan lain-lain

Baca juga :

  1. Kerajinan dari barang bekas
  2. Cara membuat slime dengan 2 bahan

Nah itulah teman-teman Cara Membuat Produk Kerajinan Bambu yang telah kita amati selamat mempelajari semoga menambah wawasan kalian semua ya….

Yuk tulis komentar kamu