in

NgakakNgakak TakutTakut SedihSedih SenangSenang KagetKaget KerenKeren

Cara Membuat Slime Dengan Gom Atau Deterjen

Cara Membuat Slime Dengan Gom Atau Deterjen
Cara Membuat Slime Dengan Gom Atau Deterjen

Cara membuat slime. Kalian sudah tahu kan, kalau slime sudah populer pada akhir tahun 2015 lalu, khususnya di kalangan teman-teman di kelasku (kelas 8-3 SMP Perguruan Cikini). Setiap hari di kelasku, teman-temanku selalu memainkan slime.

Kadang-kadang, mereka membuat slime di kelas, lho. Saat pelajaran berlangsung, sambil mendengarkan penjelasan guru, mereka bermain slime. Sampai ada beberapa guru yang bertanya, “Itu apa sih? Fungsinya buat apa? Buat handphone bisa enggak? atau banyak juga yang bilang kok lengket-lengket gitu?”

Baca juga: Contoh jadwal pelajaran yang keren abis juga bisa di edit

Cara membuat slime

Arti slime dalam bahasa Indonesia adalah lendir. Hehe, jorok ya artinya. Tapi slime tidak seperti lendir menurutku. Kok begitu? Menurut sebagian temanku, slime mirip seperti agar-agar.

Oia, kalian tahu tidak, waktu itu ada peraturan di sekolahku tidak boleh membawa slime, karena seorang anak hampir memakan slime, mirip banget kan, slime itu mirip agar-agar yang gagal!

Apa Fungsi Slime

Sebenarnya slime berfungsi untuk membersihkan benda dari debu-debu yang menempel dan susah dijangkau menggunakan kuas, seperti pada keyboard komputer atau laptop.

Tapi hampir semua anak-anak di Indonesia, menggunakan slime hanya sebagai alat permainan dan untuk relaksasi, seperti squishy yang sering dipencet-pencet.

Kenapa membuat slime selalu gagal?
Cara membuat slime dengan 3 bahan.

Baca juga: Kenapa membuat slime selalu gagal?

Kali ini aku akan memberikan tips, dua cara membuat slime, yaitu cara membuat slime dengan gom dan detergen. Nah, kita langsung saja, cekidot!

Apa itu Gom?

Gom adalah boraks (Borax), sedangkan boraks merupakan salah satu jenis pengawet yang dilarang untuk makanan, karena seharusnya itu digunakan untuk mengawetkan mayat. Untuk kalian yang menggunakan ini, harap berhati-hati, cuci tangan dengan bersih sebelum makan, ya.

Fungsi gom dalam slime?

Gom berfungsi untuk mengentalkan adonan slime, kalian tahu sendiri kan, lucunya mainan slime karena kenyalnya, jadi jika slime tidak kenyal kurang menarik dong.

Dimana beli gom?

Gom dapat dibeli di apotik, tenang kalian tidak perlu membelinya dengan resep dokter kok. Sekarang ini, sudah banyak sekali slime activator yang dijual online, gunakan itu saja, dijamin slime kalian buat akan bagus hasilnya.

jual gom dan slime activator
jual gom dan slime activator

Lihat produk gom dan slime activator di sini

Cara membuat slime dengan GOM

Nah bagi kalian yang sudah tidak sabar, ini dia langkah-langkah pembuatan slime dengan 3 bahan.

Alat alat pembuat slime:

  • Wadah kosong/ bisa juga menggunakan mangkuk
  • Sendok/ pengaduk

Bahan-bahan untuk membuat slime:

  1. Satu botol Gom/ borax
  2. Lem cair, disarankan menggunakan lem povinal agar tidak cepat kering slimenya, bisa juga menggunakan lem kayu (fox)
  3. Pewarna, disarankan menggunakan cat air atau pewarna makanan.

Baca juga: Cara mudah membuat slime tanpa borax

Langkah langkah membuat slime:

  1. Tuangkan lem cair ke sebuah wadah kosong, lalu tambahkan satu tetes Gom.
  2. Aduk sampai rata menggunakan pengaduk atau tangkai sendok, supaya mudah mengaduknya.
  3. Silahkan masukkan pewarna makanan, secukupnya saja.
  4. Aduk kembali hingga warnanya merata. Lakukan berulang ulang sampai mengental.
  5. Nah, sekarang slime sudah jadi dan siap untuk dimainkan.
Hah, Ternyata Slime Bisa Dimakan!
Hasil pembuatan slime

Cara membuat slime bening

Cara membuat slime bening itu sangat mudah, caranya sama seperti tutorial di atas, kemudian jangan diberikan warna apa-apa, maka jadi deh slime beningnya

Baca juga : Slime bisa dimakan

Cara Membuat Slime Dengan Mudah Tanpa Boraks

Caranya cukup sederhana, cukup mengganti gom dengan diterjen saja, setelah adonan slimenya jadi dan kalian telah menuangkan satu tetes pewarnanya, rendam adonan slime tersebut di dalam wadah yang telah penuh dengan air kurang lebih 2-3 menit.

Bagaimana mudahkan, Cara Membuat Slime Dengan Mudah? Simpel lho, bisa dilakukan bersama-sama di kelas. Wuihh, serunya bermain slime! Oia aku lebih suka Cara Membuat Slime Dengan Gom Atau Deterjen

Cara membuat slime dengan 2 bahan

Dua bahan yang digunakan untuk membuat slime yaitu dari shampo dan sunlight, caranya cukup mudah dan hampir sama dengan tutorian sebelumnya, untuk lebih jelasnya simak video di bawah ini.

Perlu diketahui, untuk membuat slime dengan shampoo, yang harus diperhatikan adalah bahan yang dicapur harus sama rata, kemudian sebelum adonan dimasukkan ke dalam kulkas, pastikan adonan sudah mengental, caranya dengan menambahkan sedikit bedak tabur untuk mengentalkan.

Ada juga pembuatan slime dengan shampo dan garam, intinya sih sama saja, silahkan coba coba saja. Temanku malah pernah membuat slime dengan 1 bahan, yaitu hanya menggunakan sunlight, dia aduk sampai lama sekali, tapi sayangnya gagal, hehe.

Ok, selamat mencoba dansemoga berhasil ya!

Video mainan pengganti slime

Berikut ini adalah video penjelasan singkat pembuatan mainan pengganti slime.

Teman-teman, setelah kalian memainkan slime jangan sampai lupa cuci tangan ya, karena slime itu kan kotor jadi tidak baik untuk kesehatan.

Oia, yuk daftar jadi member dan kirim ceritamu ke website penuliscilik.com, gratis! asyik loh ceritamu nanti bisa banyak dibaca anak-anak seluruh Indonesia.

28 Komentar

Balas komentar
  1. aku pernah nyoba pake lem povinal + lem dlukon tapi kok gk bisa padat yah… Aku coba kasih garam tapi tetep ajah gk bisa padat (harus bagaimana yah?), aku pengenny buat slime tanpa gom… ?

  2. Aku kurang paham kak yg pake deterjen,,adonan slime nya itu…lem sama perwarna yg udah dicampur???atau lem perwarna sama deterjen yg udah dicampur trus rendem di air??

Yuk tulis komentar kamu