in

KerenKeren

3 Cara Memilih Pengurus Kelas (Terbaru)

3 Cara Memilih Pengurus Kelas
3 Cara Memilih Pengurus Kelas

3 Cara Memilih Pengurus Kelas. Hallo sobat, apa kabar sekolah barunya? Sudah akrab belum dengan teman baru ? Oh ya, apakah hari pertama masuk sekolah kalian ada kendala ? Bicara hari pertama masuk, di sekolahku itu identik dengan jam kos atau jam kosong, atau bisa dibilang nggak ada pelajaran.

Tapi hari pertama itu biasanya akan voting tentang pengurus kelas. Tidak jarang dalam situasi ini sangat gaduh, karena ada kandidat yang menolak, ada yang tertarik tapi gengsi mau bilang, dan banyak lagi deh.

Daftar Isi

3 Cara Memilih Pengurus Kelas

Di sekolahku, sebenarnya ada beberapa cara pemilihan pengurus kelas, tentunya di masing-masing sekolah pasti beda kebiasaan dan caranya. Yang jelas harus ada orang yang berperan pada saat pemilihan, misalnya saja Ibu guru atau teman yang dianggap pantas untuk memimpin kegiatan itu.

Berikut ini, aku akan sebutkan 3 cara memilih pengurus kelas, diantaranya:

  1. Lakukan musyawarah untuk mencapai mufakat
  2. Memilih dengan cara pemungutan suara (Voting)
  3. Penunjukkan langsung, siswa yang ditunjuk langsung.

Baca juga : Cara membuat struktur organisasi kelas

Dari beberapa cara di atas, ada hal-hal yang harus kalian pertimbangkan, tentunya ini dapat dijadikan sebagai faktor penilaian kalian dalam memilih kandidat. Sebagai contoh saja kita akan memilih Ketua Kelas, sebaiknya dilakukan dengan cara musyawarah, sehingga tidak terjadi permasalahan dikemudian hari karena sudah hasil keputusan bersama.

4 Tips Memilih Ketua Kelas

Ketua kelas adalah orang yang akan memimpin kalian, jadi setelah terpilih, tidak ada alasan lagi untuk kalian menolak perintahnya. Untuk itu, sebelum semuanya terlambat atau salah pilih, maka beberapa hal ini mungkin harus kalian lihat, diantaranya:

1. Percaya diri

Penting banget ini, jangan sampai memilih ketua yang tidak memiliki percaya diri, karena nanti bakalan repot deh, banyak kegiatan antar kelas atau jika dipanggil guru dia gugup, kan jadi tidak berwibawa.

2. Jujur

Siapapun teman yang dipilih, pastikan dia adalah orang jujur, tidak pernah berbohong, sehingga bisa memimpin kelas dengan baik dan adil

3. Pintar

Kenapa harus pintar? banyak alasannya, tapi menurutku, jika ketua kelas bodoh, aku malah kasihan, tapi jika dia pintar, pasti dia akan membantu teman yang tidak mengerti atau mencarikan solusi masalah dengan cepat.

4. Tidak Sombong

Walau ini terdengar tidak penting, tapi orang sombong itu biasanya tidak mau diberikan masukkan, jika ketua kelas seperti itu, akibatnya kelas bisa kacau karena kelakuannya sendiri.

Baca juga :

  1. Cara menjadi ketua kelas yang baik
  2. Cara Menjadi bendahara kelas yang amanah

Nah, itulah beberapa tips memilih ketua kelas, intinya sih tujuan pemilihan ketua kelas adalah memilih orang yang pantas, karena memilih dengan penunjukan langsung dirasa kurang efektif, sekaligus merupakan contoh pelaksanaan demokrasi di kelas.

Siswa yang dipilih, baik itu ketua, wakil, atau bendahara kelas, mereka harus mengerti peran masing-masing, jangan sampai mencamputi tugas orang lain.

Ok, terima kasih sudah membaca Cara Memilih Pengurus Kelas, semoga bermaftaat. Seperti biasa, tulis komentar jika ingin menambahkan atau mengoreksi kesalahanku.

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

Yuk tulis komentar kamu